Peran dan strategi orang tua dalam keterampilan berbahasa anak usia dini
Abstract
Anak usia dini mengacu pada masa perkembangan ialah individu mulai dari lahir hingga usia kurang lebih 8 tahun. Tahap ini termasuk tahap kritis dimana anak-anak mengalami pertumbuhan fisik, kognitif, sosial dan emosional yang sangat pesat dan signifikan. Pada masa ini, pengalaman dan interaksi berperan penting dalam membentuk landasan tumbuh kembang anak. Keterampilan berbahasa anak meliputi kemampuan berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis. Hal ini termasuk penggunaan kata-kata, pemahaman tata bahasa dan keterampilan komunikasi yang efektif. Perkembangan kemampuan berbahasa pada anak dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, interaksi dengan orang dewasa dan rangsangan linguistik yang dialaminya sejak kecil. Peran orang tua mencakup serangkaian tanggung jawab dan fungsi yang ditujukan untuk mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan kesejahteraan anak. Hal ini meliputi pemberian kasih sayang, bimbingan, penyediaan kebutuhan dasar, dukungan emosional, serta pengembangan nilai dan perilaku positif. Orang tua juga bertanggung jawab menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran dan perkembangan anak secara optimal. Dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui seberapa penting peran orang tua dalam perkembangan keterampilan berbahasa anak usia dini dan mengetahui strategi yang dapat dilakukan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang mana peneliti menganalisis artikel ataupun sumber lain yang telah dilakukan oleh peneliti terdahulu dan hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa peran orang tua sangatlah penting dalam perkembangan keterampilan berbahasa anak dan peran orang tua berpengaruh juga terhadapap penambahan kosakata yang di dapatkan oleh anak dengan melakukan strategi yang pertama melakukan komunikasi secara efektif dalam kehidupan sehari-hari dan yang melakukan aktivitas-aktivitas yang aktif seperti bercerita bersama anak.References
Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741
Arie Sanjaya. (2016). PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR | Sanjaya | Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif. 01. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/10795
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202
Bahri, H. (2018). Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini. Nuansa, 11(1), 48–57. https://doi.org/10.29300/nuansa.v11i1.1356
Dara Gebrina Rezieka, I. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak TK. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(2), 294–303.
Jun, J. N. (2020). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 11(1), 46. https://doi.org/10.24036/rapun.v11i1.108494
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(no.1), 1–12.
Miyarti, I, Suryana, D. (n.d.). IMPLIKASI POLA ASUH PERMISIF TERHADAP KETERLAMBATAN BICARA PADA ANAK USIA DINI.
Nahri, V. H. (2019). Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini. Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini, 8. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjIv7SQ_q_4AhXCQ3wKHQKYDogQFnoECAcQAQ&url=http%3A%2F%2Feprints.ums.ac.id%2F76754%2F&usg=AOvVaw0tqGElLK0UqePkAHMth3tA
Naili Sa’adah. (2018). No Title. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 16–22.
Nasution Fauziah, S. A. A. T. dkk. (2023). Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 406–414.
Sari, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menstimulai Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, I(2), 37–46.
Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1), 31-37.
Yeni, A., & Hartati, S. (2020). Studi Literatur: Stimulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Menguraikan Kata Di Taman Kanak-Kanak Alwidjar Padang. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 608–616.
Yuswati, H., & Setiawati, F. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5029–5040. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2908
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ