Strategi Pengambilan Nilai Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Dimasa Pendemi

Risma Budi Anggraeni, Ruli Hafidah

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  adalah  melihat bagaimana guru mengetahui perkembangan membaca anak dimasa pandemic Perkembangan Bahasa merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki anak sejak dini dan harus diberikan stimulasi yang tepat oleh orang tua maupun guru. Perkembangan bahasa anak merupakan perpaduan antara interaksi social, perkembangan emosi, kemampuan intelektual, dan perkembangan fisik maupun motoric anak. Keterampilan berbahasa anak dibagi menjadi dua yaitu keterampilan reseptif dan ekspresif. Makalah ini membahas tentang kemampuan  Bahasa  reseptif  anak yaitu  membaca.


Keywords


perkembangan; Bahasa reseptif; membaca; Pandemi

Full Text:

PDF

References


Adams-Chapman, I., Bann, C., Carter, S. L., & Stoll, B. J. (2015). Language outcomes among ELBW infants in early childhood. Early Human Development, 91(6), 373–379. https://doi.org/10.1016/j.earlhumdev.2015.03.011

Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.

Bierman, K. L., Heinrichs, B. S., Welsh, J. A., Nix, R. L., & Gest, S. D. (2017). Enriching preschool classrooms and home visits with evidence-based programming: sustained benefits for low-income children. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 58(2), 129–137. https://doi.org/10.1111/jcpp.12618

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 152–159.

Khadilkar, H., Ganu, T., & Seetharam, D. P. (2020). Optimising Lockdown Policies for Epidemic Control using Reinforcement Learning. http://arxiv.org/abs/2003.14093

Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Marcela, R. A., & Rozie, F. (2020). Penerapan Metode Bercerita Dalam Optimalisasi Bahasa Reseptif Anak Usia 5-5 Tahun Di Tk Negeri 02 Tenggarong. Jurnal Lentera Anak, 1(1), 27–38.

Musfiroh, T. (2012). Teori dan Konsep Bermain. PAUD4201/Modul 1, 1–44.

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur Abstrak. 5(1), 177–186. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Palupi, W., Hafidah, R., & Karsono, K. (2019). Song and Movement As Media of Early Childhood Language Development. Early Childhood Education and Development Journal, 1(1), 12. https://doi.org/10.20961/ecedj.v1i1.33020

Pamadhi, H. (2014). Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. 1–56. http://repository.ut.ac.id/4712/1/PAUD4403-M1.pdf

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Salehudin, M. (2020). Dampak Covid-19 : Guru Mengadopsi Media Sosial Sebagai E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal MUDARRISUNA, 10(1), 1–16.

Sammons, P., Toth, K., Sylva, K., Melhuish, E., Siraj, I., & Taggart, B. (2015). The long-term role of the home learning environment in shaping students’ academic attainment in secondary school. Journal of Children’s Services, 10(3), 189–201. https://doi.org/10.1108/JCS-02-2015-0007

Subandi, S., Fauzan, A., Afriyadi, M. M., & Ramli, M. (2019). Implementation of Multicultural and Moderate Islamic Education at the Elementary Schools in Shaping the Nationalism. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(2), 247–255. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i2.5003

Suyadi dan Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Remaja Rosdakarya.

Tahun, A., Kober, I., Ceria, T., Dhiniah, V., & S, A. D. (n.d.). Improvement of Early Numeracy Skills Through Child Card Game in A Child Group A Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Kartu angka Pada Anak Kelompok A ( usia 4-5 tahun ) di Kober Taman Ceria , Bandung Berdasarkan temuan di atas , pen. 74–79.

Paul, Ronak & Abhishek Singh. 2020. Does Early Childhood Adversities Affect Physical, Cognitive And Linguage Development In Indian Children? Evidence From A Panel Study. Jurnal Science Direct : Population Health. 12. 2352-8273. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2020.100693




DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.2976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Risma Budi Anggraeni, Ruli Hafidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats