Program Pengembangan Kemampuan Menulis Kelompok B Pada Masa Pandemi Di R.A. Al-Hidayah

Authors

  • Rania Putri Universitas Sebelas Maret
  • Ruli Hafidah Universitas Hamzanwadi

Keywords:

kemampuan menulis permulaan, kelompok B, Pandemic

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pengembangan yang guru berikan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok B di TK. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana program pengembangan yang guru berikan dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok B pada masa pandemi serta bagaimana kemampuan yang sudah anak capai dari implementasi program pengembangan tersebut. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B, R.A. Al-Hidayah yang berjumlah 6 murid, terdiri dari 4 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi dan wawancara. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa program pengembangan dalam meningkatkan kemampuan menulis anak di RA Al-Hidayah yaitu menggunakan metode demonstrasi, metode meniru tulisan, serta metode mendikte.

References

Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 141-148.

Arsa, D., Atmazaki, A., & Juita, N. (2019). Literasi Awal Pada Anak Usia Dini Suku Anak Dalam Dharmasraya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 127-136.

Astuti, S. (2016). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Ditkintan Komara Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).

Berninger, V., Abbott, R., Cook, C. R., & Nagy, W. (2017). Relationships Of Attention And Executive Functions To Oral Language, Reading, And Writing Skills And Systems In Middle Childhood And Early Adolescence. Journal Of Learning Disabilities, 50(4), 434-449.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. Https://Doi.Org/10.21927/Literasi.2018.9(1).37-50

Erik, E., Badroeni, B., & Cahyati, N. (2020). Kegiatan Home Literacy Dalam Mengembangkan Kemampuan Awal Membaca Anak Usia Dini Di Masa WFH. Jurnal Golden Age, 4(01), 160-166.

Habibi, M., Fip Unp, P., & Padang, K. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 72–80. Http://E-Journal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jippsd72

Basyiroh, I. (2018). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120-134.

Ika, M., & Riana, D. L. (2016). Hubungan Minat Baca Dan Kebiasaan Membaca Karya Sastra Terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Semantik STKIP Siliwangi, 5(2), 15–31. Https://Doi.Org/10.22460/Semantik.5.2.

Kurniawati, C. H., Arini, N. W., & Suarjana, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah : Ancangan Metode Dia Tampan Dalam Membaca Permulaan Abstrak. 4(1), 434–441. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i1.372

Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50-56.

Nuraeni, A. (2016). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B Di Gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 245–256. Http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Pgpaud/Article/Viewfile/1256/1131

Puranik, C. S., Phillips, B. M., Lonigan, C. J., & Gibson, E. (2018). Home Literacy Practices And Preschool Children’s Emergent Writing Skills: An Initial Investigation. Early Childhood Research Quarterly, 42, 228-238.

RAHMAWATI, N. (2013). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Putera Harapan Surabaya. PAUD Teratai, 3(1), 5–6.

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117-125.

Tuljannah, E., Rini, R., & Sofia, A. (2018). Hubungan Permainan Finger Painting Dengan Kemampuan Menulis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak: FG-PAUD FKIP Universitas Lampung, 4(2).

Uli, I. (2019). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 25–30.

Published

2021-06-30