Pengaruh Media Flashcard Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Kosakata Anak 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.29408/goldenage.v9i1.30121Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kemampuan kosakata anak usia 4-5 tahun yang belum berkembang secara maksimal. Kosakata yang dikenalkan oleh pendidik sebatas suku kata tanpa memiliki makna. Selain itu, metode pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik masih bersifat klasikal dan menggunakan media yang monoton. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan media flashcard berbasis augmented reality terhadap kemampuan kosakata pada anak 4-5 tahun. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain quasi experiment nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelompok A di TK Islam Al-Karomah, Wiyung, Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan pada hasil posttest dengan pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen terdapat selisih 2,27 sedangkan kelompok kontrol selisih 0,067. Uji hipotesis menggunakan uji Mann- Whitney U test menunjukkan hasil sig. 2 tailed 0.014 (Sign.≤ 0.05), maka disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media flashcard berbasis augmented reality terhadap kemampuan kosakata anak usia 4-5 tahun.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ