PEMANFAATAN VIDEO YOUTUBE INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA EDUKASI TATA SURYA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Siti Fatimatuz Zahra Universitas Negeri Surabaya
  • Rachma Hasibuan

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v9i1.30746

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menkaji adanya pengaruh video youtube interaktif terhadap pemahaman tata surya pada anak usia 5-6 tahun. Dengan meningkatnya penggunaan tekologi dalam pendidikan, video pembelajaran menjadi media yang efektif untuk menarik perhatian dan meningkatkan pemahaman anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan penelitian one group pre test dan post test. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 anak pada kelompok B. Instrumen pada penelitian yang diamati pada penelitian ini adalah kemampuan mengetahui mengamati berbagai planet-planet dalam video pembelajaran, kemampuan dalam menklasifikasikan dengan mengelompokkan planet terdekat dan terjauh dengan matahari, dan kemampuan mengetahui cara menkomunikasikan dengan menjawab pertanyaan dalam seputar planet dan tata surya. Penelitian ini dilaksanakan pada waktu sebanyak 5 kali pertemuan dengan pre test 1 kali, treatmen 3 kali, dan post test 1 kali. Data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi., kemudian dianalisis menggunakan Saphiro Wilk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre test dan post test yaitu 67,2 dan 105,6. Diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) yang bernilai (0,000 < 0,05). Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari video pembelajaran berbasis youtube terhadap pemahaman tata surya anak usia dini 5-6 tahun. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan konstribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif di pendidikan anak usia dini.

Kata Kunci: Video Pembelajaran Youtube; Pemamahaman Tata Surya; Anak Usia Dini

References

ADISTIARACHMA, N., & ALIA, D. (2024). PERAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI: THE ROLE OF ANIMATED VIDEO MEDIA

IN LEARNING EARLY CHILDHOOD. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 49-57.

Agustini, S. D., Yuliana, S., & Hamliyah, H. (2024). Peningkatan Kosakata Bahasa Indonesia melalui Video Cerita Rakyat dalam Media Sosial YouTube pada Anak Usia Dini di PAUD Aster 36. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 6(1), 992-1000.

Alga, R. K., Hsb, A. A. A., Azhara, S., Hakim, E. H., Afia, N., & Yusnaldi, E. (2024).

Pemanfaatan media pembelajaran digital: Meningkatkan minat belajar IPS di sekolah dasar melalui presentasi interaktif dan video animasi. Continuous Education: Journal of Science and Research, 5(3), 200-212. Inovatif, 2(1), 39-46.

Amalia, M., Pratama, M. V., Pratiwi, N. A., & Fujiarti, A. (2024). Pengaruh Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01), 39-47.

Andika, M. (2022). Peran youtube sebagai inovasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada kemampuan speaking. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1595-1600.

Arham, M. (2020). Efektivitas penggunaan youtube sebagai media pembelajaran. Academia Education, 1(1), 1-13.

Biantoro, O. F. (2024). Efektifitas Media Video Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Diniyah. Afeksi Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 222-

Bintang, D. W. P., Pertiwi, A. D., & Azainil, A. (2024). Analisis penggunaan teknologi pada proses pembelajaran di PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), 873-884.

Daraini, N. S. A., & Masnawati, E. (2024). Peran media sosial YouTube sebagai media edukasi dalam pendidikan generasi Z. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(2), 81-87.

Fitriana, I., & Jannah, I. M. (2024). Implementasi Media YouTube Yufid Kidz dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Tarling: Journal of Language Education, 8(2), 245-266.

Lestari, D. A., & Apoko, T. W. (2022). Efektivitas Video Animasi melalui YouTube terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5953- 5960.

Milala, D., Walujan, M., & Pangalila, T. (2024). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Tumoutou Social Science Journal, 1(1), 15-20.

Mudianti, H., & Cahyo, E. D. (2023). Analisis Dampak Tayangan Youtube Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 6(2), 30-43.

MUSAFAAH, M., & KOMALASARI, D. (2020). Pengembangan Aplikasi Mobile Membaca Permulaan Untuk Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 9(1).

Rohmah, B., & Aziz, T. (2024). Perkembangan bahasa anak usia dini di era digital: dampak media youtube, peran pengasuhan, dan perubahan sosial. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 213-229.

Simatupang, S. S., & Prastowo, A. (2025). MODEL PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS YOUTUBE UNTUK MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD IT BINA

INSAN. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 6(2), 139-147.

Vidya, V. D. A., Hendriana, B., & Masykuroh, K. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Gejala Alam Semesta Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 13-22.

Widya, F. A., & Ernawati, E. (2024). VIDEO ANIMASI DUA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VI MI MIFTAHUL. PRASI, 19(02), 170-184.

Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., Haqqi, T. Y. A. F., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi penggunaan media pembelajaran digital di masa pandemi covid-19. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 39-46.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61-78.

Zuarida, D., & Hasibuan, R. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA MULTIMEDIA PADA KELOMPOK B DI TK RAUDLATUL JANNAH WARU

SIDOARJO. Jurnal PAU Teratai, 1-8.

Downloads

Published

2025-07-21