Pengaruh Metode Bernyanyi sambil Membaca terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Anak Usia 4-5 Tahun di TK Hidayatullah Surabaya

Authors

  • Aisya Miftahul Jannah Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhenti Dorlina Simatupang
  • Yes Matheos Lasarus Malaikosa
  • Melia Dwi Widayanti

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v9i1.30754

Keywords:

ADDIE, Metode Bernyanyi sambil Membaca, Kemampuan Mengenal Huruf, Anak Usia 4-5 Tahun, Huruf Vokal

Abstract

Pada tahap perkembangan usia dini merupakan periode paling utama dalam kehidupan seorang anak. Masa ini disebut juga golden age, karena pada tahap ini terjadi dinamika tumbuh kembang otak yang sangat pesat Masa ini ditandai dengan kemajuan kognitif, berbahasa, sosial, serta emosi pada anak. Kemampuan mengenal huruf sebagai dasar literasi awal harus ditanamkan oleh guru pada tahap ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi sambil membaca terhadap kemampuan mengenal huruf vokal (a, e, i, o, u) anak usia 4-5 tahun di TK Hidayatullah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen jenis One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam riset terdiri dari 10 anak kelompok A yang ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan tes lisan. Data dianalisis menggunakan uji hipotesis paired sample t-test. Hasil analisis menunjukkan Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis diterima. Artinya terjadi peningkatan terhadap kemampuan mengenal huruf vokal setelah penerapan dengan metode bernyanyi sambil membaca. Hal ini membuktikan bahwa metode tersebut efektif dalam memberikan bantuan terhadap anak dalam memahami bentuk dan bunyi huruf vokal dengan lebih mudah melalui pendekatan yang menggembirakan dan relevan dengan karakteristik perkembangan anak usia dini.

References

Aisyah, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf dengan Menggunakan Metode Bernyanyi Di TK Al-Ikhlas. Al Abyadh, Vol. 4(No. 1), 42–49.

Arief, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Media Gambar Siswa RA Tunas Melati Kec. Kelara Kab. Jeneponto.

Cahyani, N., Simatupang, N. D., Reza, M., & Widayati, S. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Bernyanyi Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 9(1), 113-125.

Fatin, A. T., Reza, M., Widayanti, M. D., & Komalasari, D. (2022). Pengembangan Buku Panduan Program Pembelajaran Literasi Baca-Tulis Bagi Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Teratai, 11(1), 126–135.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2010

Hamidah, A., & Simatupang, N. D. (2020). Pengembangan Buku Panduan Teka Teki Silang pada Pemecahan Masalah Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 9(01), 1-15.

Kasrianti, M. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah di TK Dharma Wanita Sawang Aceh Selatan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Kemendikbudristek. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2024. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Mardita, Z. Y., & Simatupang, N. D. (2016). Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak kelompok B. dalam jurnal PAUD Teratai, 5, 89-93.

Mu’alimah, S. (2020). Pemanfaatan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal dan Menulis Huruf Hijaiyyah pada Anak Usia Dini di RA Sabilul Khoirot Jojo Mejobo Kudus. IAIN Kudus.

Natasyah, A., Adhe, K. R., Maulidiyah, E. C., & Simatupang, N. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book pada Pendidikan Seks untuk Anak Usia 4-5 Tahun di TK DWP Banjaran. Seling: Jurnal Program Studi Pgra, 9(2), 182-197.

Ningsih, M. J. (2022). Implentasi Pengenalan Huruf dalam Membaca dan Menulis Anak Usia Dini Melalui Sentra Persiapan di TK Islam Integral Darul Fikri Kota Bengkulu.

Nurmila. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun di Dusun Bondu Desa Arabika Kec. Sinjai Barat Kab. Sinjai.

Olivia, S., & Komalasari, D. (2023). Studi Deskriptif Kemampuan Membaca Permulaan TK Tunas Bangsa Banyuurip Tuban. PAUD Teratai, 12(1), 1–7. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14358

Permendikbud. (2021). Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Reguler Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021.

Rahmah, Z. A., Komalasari, D., Simatupang, N. D., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengembangan Video Alphabet untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 07(02), 373–382.

Sari, F. D., & Simatupang, N. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Papan Flashcard Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok A TK Putra Airlangga Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 06(3), 1–8.

Sholichah, S. A., & Simatupang, N. D. (2022). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Kurnia Putra. Jurnal Pelita PAUD, 4(2).

Simatupang, N. D., Widayati, S., & Adhe, K. R. (2023). Pelatihan Bercerita dengan Big Book dan Lagu untuk Meningkatkan Minat Berbahasa Anak Usia Dini. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13184-13190.

Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130-1141.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Pt Remaja Rosdakarya.

Tanto, O. D., Malaikosa, Y. M. L., Safira, A. R., & Andini, Y. T. (2025). Systematic Literature Review: Kurikulum Adaptif Di Lembaga PAUD Inklusi. Jurnal Pendidikan Modern, 10(2), 123-131.

Ummah, I., Jannah, M., & Malaikosa, Y. M. L. (2024). Strategi Perlindungan Anak Usia Dini pada Kesiapan Masa Transisi dari PAUD ke Sekolah Dasar yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1).

Utami, F. D. W., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Pembentukan Budaya Disiplin Peserta Didik Melalui Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka di Sekolah Dasar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 123-133.

Waluyo, D. A., & Listyowati, A. (2017). Kompendium PAUD. Prenadamedia Group.

Widayanti, M. D., & Abidin, M. Z. (2020). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Metode Proyek Untuk Guru TK. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 164.

Widayanti, M. D., Hasibuan, R., Rakhmawati, N. I. S., & Saroinsong, W. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional pada AUD di SIKL. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7053-7059.

Widayanti, M., Komalasari, D., & Fitri, R. (2023). Pelatihan Penyusunan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Literasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru PAUD di Kecamatan Prigen. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14-18.

Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8–17.

Wulandari, D. S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 157–168. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1292

Downloads

Published

2025-06-30