PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL POLA KVKV BERBEDA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HIDAYATULLAH SURABAYA
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan lembaga pra-sekolah yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan beberapa aspek anak usia dini, salah satunya perkembangan aspek bahasanya. Pada perkembangan bahasa, stimulus yang dapat diberikan pada anak adalah kemampuan membaca awal. Hasil observasi terdapat 10 dari 20 anak usia 5-6 tahun atau anak yang berada di kelompok B masih kurang optimal dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kemampuan membaca awal anak serta memberikan gambaran metode yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca awal untuk anak usia 5-6 tahun. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk rancangan menggunakan Quasi Experimental dengan jenis Non Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah 10 anak kelas eksperimen dan 10 anak kelas kontrol pada kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji Mann Whitney U Test dengan bantuan program SPSS 26. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,023. Jika nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,023 lebih kecil dari 0,05, maka keputusan uji Mann Whitney U Test adalah menerima Ha dan menolak Ho. Dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi pola KVKV Berbeda berpengaruh terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Hidayatullah Surabaya. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pada kemampuan membaca awal anak antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Kata kunci: Kemampuan membaca awal, Metode bernyanyi
References
Aisyah, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf dengan Menggunakan Metode Bernyanyi Di TK Al-Ikhlas. Al Abyadh, Vol. 4(No. 1), 42–49.
Arief, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Media Gambar Siswa RA Tunas Melati Kec. Kelara Kab. Jeneponto.
Cahyani, N., Simatupang, N. D., Reza, M., & Widayati, S. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Bernyanyi Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 9(1), 113-125.
Fatin, A. T., Reza, M., Widayanti, M. D., & Komalasari, D. (2022). Pengembangan Buku Panduan Program Pembelajaran Literasi Baca-Tulis Bagi Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Teratai, 11(1), 126–135.
Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2010
Hamidah, A., & Simatupang, N. D. (2020). Pengembangan Buku Panduan Teka Teki Silang pada Pemecahan Masalah Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 9(01), 1-15.
Kasrianti, M. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah di TK Dharma Wanita Sawang Aceh Selatan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Kemendikbudristek. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2024. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Mardita, Z. Y., & Simatupang, N. D. (2016). Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak kelompok B. dalam jurnal PAUD Teratai, 5, 89-93.
Mu’alimah, S. (2020). Pemanfaatan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal dan Menulis Huruf Hijaiyyah pada Anak Usia Dini di RA Sabilul Khoirot Jojo Mejobo Kudus. IAIN Kudus.
Natasyah, A., Adhe, K. R., Maulidiyah, E. C., & Simatupang, N. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book pada Pendidikan Seks untuk Anak Usia 4-5 Tahun di TK DWP Banjaran. Seling: Jurnal Program Studi Pgra, 9(2), 182-197.
Ningsih, M. J. (2022). Implentasi Pengenalan Huruf dalam Membaca dan Menulis Anak Usia Dini Melalui Sentra Persiapan di TK Islam Integral Darul Fikri Kota Bengkulu.
Nurmila. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun di Dusun Bondu Desa Arabika Kec. Sinjai Barat Kab. Sinjai.
Olivia, S., & Komalasari, D. (2023). Studi Deskriptif Kemampuan Membaca Permulaan TK Tunas Bangsa Banyuurip Tuban. PAUD Teratai, 12(1), 1–7. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14358
Permendikbud. (2021). Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Reguler Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021.
Rahmah, Z. A., Komalasari, D., Simatupang, N. D., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengembangan Video Alphabet untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 07(02), 373–382.
Sari, F. D., & Simatupang, N. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Papan Flashcard Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok A TK Putra Airlangga Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 06(3), 1–8.
Sholichah, S. A., & Simatupang, N. D. (2022). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Kurnia Putra. Jurnal Pelita PAUD, 4(2).
Simatupang, N. D., Widayati, S., & Adhe, K. R. (2023). Pelatihan Bercerita dengan Big Book dan Lagu untuk Meningkatkan Minat Berbahasa Anak Usia Dini. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13184-13190.
Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130-1141.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Pt Remaja Rosdakarya.
Tanto, O. D., Malaikosa, Y. M. L., Safira, A. R., & Andini, Y. T. (2025). Systematic Literature Review: Kurikulum Adaptif Di Lembaga PAUD Inklusi. Jurnal Pendidikan Modern, 10(2), 123-131.
Ummah, I., Jannah, M., & Malaikosa, Y. M. L. (2024). Strategi Perlindungan Anak Usia Dini pada Kesiapan Masa Transisi dari PAUD ke Sekolah Dasar yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1).
Utami, F. D. W., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Pembentukan Budaya Disiplin Peserta Didik Melalui Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka di Sekolah Dasar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 123-133.
Waluyo, D. A., & Listyowati, A. (2017). Kompendium PAUD. Prenadamedia Group.
Widayanti, M. D., & Abidin, M. Z. (2020). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Metode Proyek Untuk Guru TK. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 164.
Widayanti, M. D., Hasibuan, R., Rakhmawati, N. I. S., & Saroinsong, W. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional pada AUD di SIKL. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7053-7059.
Widayanti, M., Komalasari, D., & Fitri, R. (2023). Pelatihan Penyusunan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Literasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru PAUD di Kecamatan Prigen. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14-18.
Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8–17.
Wulandari, D. S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 157–168. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1292
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aprilia Sugiarti, Nurhenti Dorlina Simatupang, Yes Matheos Lasarus Malaikosa, Melia Dwi Widayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ