Hubungan Antara Aktivitas Bermain Peran Dengan Kecerdasan Emosional Anak

Authors

  • Aam Kurnia UIN SUnan Gunung Djati Bandung
  • Susanti Susanti Universitas islam negeri sunan gunung djati bandung
  • Hilman Mangkuwibawa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3076

Keywords:

Bermain Peran, Kecerdasan Emosional, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal di kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung, yaitu adanya fenomena menarik berupa timbulnya kesenjangan antara tingginya aktivitas bermain peran dengan rendahnya kecerdasan emosional pada sebagaian anak. Di satu sisi, ketika melaksanakan aktivitas bermain peran anak terlihat sangat antusias, gembira, semangat, serta enjoy. Tetapi, di sisi lain terdapat sebagian anak yang masih mengalami kesulitan dalam mengenali serta mengelola emosionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas bermain peran anak di kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung, 2) Kecerdasan emosional anak di kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung, dan 3) Hubungan antara aktivitas bermain peran dengan kecerdasan emosional anak di kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional anak dipengaruhi oleh macam-macam faktor, salah satunya adalah aktivitas bermain peran. Berdasarkan asumsi tersebut dapat dirumuskan suatu hipotesis, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas bermain peran dengan kecerdasan emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi. Subjek dalam pelaksanaan penelitian ini adalah anak kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung yang berjumlah 20 anak. Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data pada variabel Aktivitas Bermain Peran (Variabel X) diperoleh nilai rata-rata sebesar 71. Nilai tersebut berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Sedangkan analisis data pada variabel Kecerdasan Emosional anak (Variabel Y) diperoleh nilai rata-rata sebesar 68. Nilai tersebut berada pada interval 60-69 dengan kategori cukup. Hubungan antara aktivitas bermain peran dengan kecerdasan emosional anak diperoleh angka koefisien korelasi melalui rumus Product Moment sebesar 0,68 angka koefisien korelasi ini berada pada kategori tinggi karena berada pada interval 0,600-0,799. Hasil uji signifikansi diperoleh harga t_hitung = 3,94 > t_tabel = 2,88. Artinya, Ha diterima dan Ho ditolak dengan kata lain terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas bermain peran dengan kecerdasan emosional anak di kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung. Adapun koefisien determinasi atau kadar pengaruhnya sebesar 46%. Dengan demikian, 54% kecerdasan emosional anak di kelompok B2 RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung, dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Author Biography

Susanti Susanti, Universitas islam negeri sunan gunung djati bandung

Nama susanti artikel ini saya buat dari hasil karya sendiri dan semoga artikel saya dapat diterima dengan baik. mohon maaf bila ada kesalahan dalam bahsa atau penulisan terimakasih

References

Afifah, N. (2017). Reward Dan Punishment Bagi Pengembangan Kecerdasan. Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 212–228. Http://Jurnal.Stitnualhikmah.Ac.Id/Index.Php/Modeling/Article/View/169

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif Pada Anak KB. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V2i1.3

Elyana, L. (2017). Kurikulum Holistik Integratif Anak Usia Dini Dalam Implementasi Self Regulated Learning. Prosiding HIPKIN Jateng, 1(1), 1–7.

Fatimah, Khadijah, & Saputra, E. (2018). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Di Raudhatul Athfal Al-Hafizh. Edu Riligia, 2(2), 207–227.

Gehris, J. S., Gooze, R. A., & Whitaker, R. C. (2015). Teachers’ Perceptions About Children’s Movement And Learning In Early Childhood Education Programmes. Child: Care, Health And Development, 41(1), 122–131. Https://Doi.Org/10.1111/Cch.12136

Goleman, Daniel. (2016). Emotiona Lntelligence (Terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Indarwarti, A. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa Metode. 109–118.

Kotaman, H. (2016). Turkish Prospective Early Childhood Teachers’ Emotional Intelligence Level And Its Relationship To Their Parents’ Parenting Styles. Teacher Development, 20(1), 106-122.

Mardhatillah, A., & Rahman, S. A. (2020). Readiness To Change In Higher Education: Do Demographic Differences In Psychosocial Predictors Matter? Jurnal Psikologi Sosial, 18(1), 64–72. Https://Doi.Org/10.7454/Jps.2020.08

Mukhlis, A., & Mbelo Handayani, F. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1 No.(Oktober), 11–28.

Mulyani. (2014) Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Raushan Fikr. Volume 3 Nomor 2

Natsir, I. (2019). Musamus Jurnal Of Mathematics Education. 2.

Palupi, W., Hafidah, R., & Karsono, K. (2019). Song And Movement As Media Of Early Childhood Language Development. Early Childhood Education And Development Journal, 1(1), 12. Https://Doi.Org/10.20961/Ecedj.V1i1.33020

Petrides, K. V., Mikolajczak, M., Mavroveli, S., Sanchez-Ruiz, M. J., Furnham, A., & Pérez-González, J. C. (2016). Developments In Trait Emotional Intelligence Research. Emotion Review, 8(4), 335-341.

Purnamasari, A., & Nurhayati, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. KINDERGARTEN: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 124. Https://Doi.Org/10.24014/Kjiece.V1i2.6657

Wax, R. S., & Christian, M. D. (2020). Practical Recommendations For Critical Care And Anesthesiology Teams Caring For Novel Coronavirus (2019-Ncov) Patients. Canadian Journal Of Anesthesia. Https://Doi.Org/10.1007/S12630-020-01591-X

Xiang, Y., Yuan, R., & Zhao, J. (2020). Childhood Maltreatment And Life Satisfaction In Adulthood: The Mediating Effect Of Emotional Intelligence, Positive Affect And Negative Affect. Journal Of Health Psychology, 1359105320914381.

Downloads

Published

2021-06-30