PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOARD DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK
Abstract
Artikel ini membahas tentang manfaat media busy board dalam mendukung dan meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis studi Pustaka. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai bahan referensi bagi para pendidik dalam mentukan metode pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Motorik halus merupakan keterampilan krusial yang melibatkan koordinasi otot-otot kecil pada tangan dan jari, esensial untuk aktivitas sehari-hari seperti menulis, mengancingkan baju, dan makan. Seiring dengan kemajuan teknologi, penting untuk menyediakan alternatif pembelajaran interaktif yang mampu merangsang perkembangan anak secara optimal. Busy board, sebagai papan aktivitas multi-sensorik yang dilengkapi berbagai objek dan mekanisme (resleting, kancing, kunci, sakelar), menawarkan stimulasi langsung yang efektif. Melalui interaksi dengan busy board, anak secara aktif melatih kemampuan menggenggam, memutar, mendorong, menarik, serta mengkoordinasikan mata dan tangan. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat otot-otot tangan dan jari, tetapi juga menumbuhkan konsentrasi, kemampuan pemecahan masalah sederhana, dan kemandirian. Diharapkan, pemanfaatan busy board dapat menjadi strategi edukatif yang inovatif dan menyenangkan untuk mengoptimalkan perkembangan motorik halus anak.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Laily Fitriani; samsul mujtahidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ