Pendidikan Karakter Anak Perspektif Aliran Filsafat Behaviorisme

Authors

  • Hafizhatul Munawwarah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Maemonah Maemonah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3106

Keywords:

Behaviorisme, Karakter, Anak Usia Dini

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana filsafat behaviorisme di aplikasikan pada pendidikan karakter anak. Sebagai lembaga pendidikan, sekolah tidak hanya bertanggung jawab dalam hal mencerdaskan anak-anak dan membangun lingkungan belajar yang baik, akan tetapi diharapkan juga dapat membangun karakter yang baik dalam diri seorang anak. Jika dalam hal belajar pendidikan nasional harus mampu dicapai oleh anak-anak, maka sama halnya sekolah juga harus mampu dalam membentuk karaker anak menjadi lebih baik lagi. Kita mengetahui bahwa anak usia dini adalah peniru ulung terhadap orang dewasa, sikap positif apalagi sikap negatif akan sangat mudah untuk dituru oleh anak-anak. Itulah sebabnya guru harus selalu mencontohkan karakter yangg baikk kepada anak-anak, diharapkannya anak-anak penerus bangsa tidak hanya mempunyai kecerdasan kognitif saja akan tetapi juga harus berkarakter yang baik.

References

Adi, H. M. M. (2020). Teori Belajar Behaviorisme Albert Bandura Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 10(1), 22-31.

Adi, Maulana Maslahul. Teori Belajar Behaviorisme Albert Bandura dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Ihya Al-Arabiyah : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab.

Arif, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Penelitian Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.

Aziz, Jamil Abdul. 2020. Potensi Manusia Perspektif Al-Qur’an Dan Psikologi Behaviorisme Dan Humanisme Serta Implikasinya Dalam Pendidikan, Jurnal Qira’ah, 10(1).

Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Cet. Ke-10, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gomes, Fransiskus De. 2015. Prosedur Pengubahan Tingkah Laku Dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. 7(2).

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Harahap,Suyadir. 2020. Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Behaviorisme Berbasis Neurosains Di Sd Muhammadiyah Purbayan, Jurnal Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 5(1).

Hardianto, Deni. Paradigma Teori Behavioristik Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran.

Hartono, Tri. Implementasi Metode Pembiasaan Modelling Perspektif Teori Behaviorisme Di Ra Syaamila Kids Kota Salatiga.

Haryanto, B. (2004). Psikologi Pendidikan dan Pengenalan Teori-Teori Belajar. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Hasan, Maimunah.(2012). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press.

Hermansyah, H. (2020). Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordinke) dan Implementasinya dalam Pembelajaran SD/MI. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 15-25.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30-41.

Indrakusuma, Amir Dain. (1993). Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62-69.

Istikomah, Eni, F.F. (2016) . Psikologi Belajar dan Mengajar. Sidoarjo: Nizamia: Learning Center

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12.

Maghfhirah, Maemonah. 2019. Pemikiran Behaviorisme Dalam Pendidikan (Study Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Arraniry, 6(2).

Margaretha, L. (2020). Teori-teori belajar untuk kecerdasan bahasa anak usia dini. Early Childhood Research and Practice, 1(01), 8-15.

Moleong, L. J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muflihin, Muh. Hizbul. Aplikasi Dan Implikasi Teori Behaviorisme Dalam Pembelajaran (Analisis Strategis Inovasi Pembelajaran).

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: jurnal ilmu pengetahuan sosial, 1(1).

Nazihah, Wafiqotin. 2019. Kepribadian Tokoh Utama Berdasarkan Stimulus Dan Respon Dalam Novel How To Love Indonesia Karya Duma M. Sembiring Perspektif Behaviorisme Operant Conditioning. Jurnal Prosiding Senasbasa, 3(2).

Ormrod, Ellis Jeanne. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomer 58 tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Pratama, Yoga Anjas. 2019. Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam At-Thariqah, 4(1).

Rufaedah, E. A. (2018). Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1, March), 13-30.Amsari, D. (2018). Implikasi teori belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52-60.

Saihu, S., & Mailana, A. (2019). Teori pendidikan behavioristik pembentukan karakter masyarakat muslim dalam tradisi Ngejot di Bali. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 163-176.

Sakinah, Umul. 2018. Konseling Behavioristik Dalam Membentuk Perilaku Mandiri Merawat Diri Pada Tunagrahita, jurnal HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 15(1).

Samami, M. (2016). Konsep dan Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santrock, J. W. (2006). Educational Psychologi. New York: MC Graw-Hill.

Setiawa, C.R. (2008). Belajar Dan Pembelajaran Pra Sekolah. Jakarta: Index.

Shahbana, E. B., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24-33.

Siti Maghfhirah, M. (2020). PEMIKIRAN BEHAVIORISME DALAM PENDIDIKAN (Study Pendidikan Anak Usia Dini). Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 89-110.

Sitoru, Ahmad Syuri. 2016. Aplikasi Behaviorisme Dalam Pembelajaran Anak Untuk Menciptakan Generasi Berkarakter. Jurnal Nizhamiyah, 6(2).

Sodiqin, Adi. 2019. Kurikulum Dalam Perspektif Mazhab Behaviorisme, MIYAH: Jurnal Studi Islam, 15(2).

Soebagio, Rita Hendrawaty. 2020. Analisis Terhadap Teori Pembelajaran Behaviorisme Pada Program Pendidikan Seksualitas Komprehensif (Cse) Dalam Pandangan Islam, Jurnal Aciet 1(1).

Sugi, Harni & Indina Tarjiah. 2018. Implementasi Teori Behaviorisme Dalam Membentuk Disiplin Siswa Sdn Cipinang Besar Utara 04 Petang Jatinegara, Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 5(2).

Sutarjo, Adi, S. (2014). Pembelajaran Nialai Karakter; Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tiara, D. R., & Pratiwi, E. (2020). Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring Di Lembaga PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 362-368.

Titin Nurhidayati. (2012). “Implementasi Teori Belajar Ivan Petrovich Pavlov (Classical Conditioning) Dlam Pendidikan.†Jurnal Falasifa, No. 1, Vol. 3 (Maret).

Wiyani, N. A. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Zaleha, Ramlah. PembangunanaKosweraPendidikanaBerbantukanaKomputeraDengan MenggunakanaPendekatanaTeoriaPembelajaran Behaviorisme BagiaTopik Kebarangkalian 1

Zamzami, Muh. Rodhi. 2015. PenerapanaRewardaAndaPunishmentaDalamaTeoriaBelajar Behaviorisme, jurnal Ta’limuna, 4(1).

Downloads

Published

2021-06-30