Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul

Authors

  • ELIS NOVIATUS SOLICHAH
  • Imam Syafi'i UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Asesmen perkembangan yaitu suatu proses mengumpulkan data-data kemudian dianalisis untuk mengetahui perkembangan anak yang dialaminya. Suatu tingkah laku anak dalam menyesuaikan norma-norma yang berlaku di lingkungannya bisa disebut dengan perkembangan sosial. Perkembangan emosi yakni suatu keadaan berupa perasaan yang dilakukan melalui perbuatan dan membuat  memunculkan sikap terhadap perilaku. Perkembangan sosial emosional anak usia dini adalah suatu kemampuan dalam diri anak yang mana anak bisa mengelola dan mengekspresikan emosi yang sesuai. Anak dapat bereksplorasi dengan lingkungannya yakni dalam berinteraksi dengan teman sebayanya. Jurnal ini bertujuan agar tahu guru akan berperan dalam mengasessmen pperkembangan sosial emosional dan upaya menumbuhkan perkembangan sosial emosional pada anak. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa dalam perkembangan sosial emosional pada diri anak  berbeda-beda. Penelitian menunjukkan terdapat anak mampu berinteraksi dengan sebayanya dan mengontrol emosinya. Akan tetapi, ada juga yang suka menyendiri dan cenderung diam saja.

References

Anggraini, W., & Kuswanto, C. W. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional di RA. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5248

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.

Duha, Refisi dan Widiastuti, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Role Playing di Kelompok Bermain. Satya Widya, 34(1), 77–87.

Fadlillah, M. (2016). Jurnal CARE ( Children Advisory Research and Education ) Volume 04 Nomor 1 Juni 2016 dapat menstimulasi berbagai perkembangannya . Pada usia ini seorang anak memiliki bagi mempertahankan hidup dan produktivitas manusia . Sejalan dengan itu , Amstrong diaj. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 04, 9–23.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 197–204. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial emosional anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643.

Margaretha, J. M. & P. (n.d.). Asesmen dalam PAUD.pdf.

OECD. (2019). Programme for International Student Assesment.

Palupi, W., Hafidah, R., & Karsono, K. (2019). Song and Movement As Media of Early Childhood Language Development. Early Childhood Education and Development Journal, 1(1), 12. https://doi.org/10.20961/ecedj.v1i1.33020

Rahayu, A., & Dewi, T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku. Golden Age Hamzanwadi University, 2(2), 66–74.

Suyadi, S. (2017). Perencanaan dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65–74. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/1251

The Wiley Handbook of Early Childhood Development Programs, Practices, and Policies. (2017). In The Wiley Handbook of Early Childhood Development Programs, Practices, and Policies. https://doi.org/10.1002/9781118937334

Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 55–65. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.30263

Williams, K. E., Barrett, M. S., Welch, G. F., Abad, V., & Broughton, M. (2015). Associations between early shared music activities in the home and later child outcomes: Findings from the Longitudinal Study of Australian Children. Early Childhood Research Quarterly, 31, 113–124. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.01.004

Yansa, H. dan, & Retnawati, H. (2021). Identifikasi Praktik dan Hambatan Guru dalam Asesmen Kognitif Matematika di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Elemen, 7(1), 84–97.

Yıldırım, G., & Akamca, G. Ö. (2017). The effect of outdoor learning activities on the development of preschool children. South African Journal of Education, 37(2), 1–10. https://doi.org/10.15700/saje.v37n2a1378

Downloads

Published

2021-06-30