Pengaruh Media Board Game Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29408/goldenage.v9i1.31517Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media board game dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one grup pretest postest melalui pengujian non parametrik Wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil dari pretest ke postest. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh media board game dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Pada media board game materi berkaitan tentang perkembangan kognitif yaitu melengkapi kata, menyebutkan dan menuliskan angka 1-12 seperti pada jam dinding, menarik garis serta mengaitkan antara tempat ibadah dengan agama, memahami arti kata melalui ekspresi seperti kata marah diletakan pada ekspresi marah, dan dapat menuliskan nama diri sendiri dengan baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syahira Maddu Cinta Maulidya, Nurul Khotimah, Dhian Gowinda Luh Safitri, Rachma Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ