Pengaruh Media Board Game Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

Indonesia

Authors

  • Syahira Maddu Cinta Maulidya Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Khotimah
  • Dhian Gowinda Luh Safitri
  • Rachma Hasibuan

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v9i1.31517

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media board game dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one grup pretest postest melalui pengujian non parametrik Wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil dari pretest ke postest. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh media board game dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 1 Surabaya.  Pada media board game materi berkaitan tentang perkembangan kognitif yaitu melengkapi kata, menyebutkan dan menuliskan angka 1-12 seperti pada jam dinding, menarik garis serta mengaitkan antara tempat ibadah dengan agama, memahami arti kata melalui ekspresi seperti kata marah diletakan pada ekspresi marah, dan dapat menuliskan nama diri sendiri dengan baik. 

Downloads

Published

2025-06-30