PENGARUH METODE BERCERITA MEDIA BIGBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL 2 SUKU KATA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Dinda Ayu Kartika Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhenti Dorlina Simatupang
  • Muhammad Reza
  • Sri Widawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita menggunakan media big book terhadap kemampuan membaca awal dua suku kata anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi V Sugihwaras Prambon Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experimental Design dan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 20 anak kelompok B. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest untuk mengukur kemampuan awal membaca dan posttest setelah pemberian perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca anak setelah diberikan perlakuan metode bercerita dengan media big book. Nilai signifikansi asimtotik (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,003, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode bercerita dengan media big book memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan membaca dua suku kata pada anak usia dini.

Downloads

Published

2025-06-30