PENGARUH METODE BERCERITA MEDIA BIGBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL 2 SUKU KATA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita menggunakan media big book terhadap kemampuan membaca awal dua suku kata anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi V Sugihwaras Prambon Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experimental Design dan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 20 anak kelompok B. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest untuk mengukur kemampuan awal membaca dan posttest setelah pemberian perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca anak setelah diberikan perlakuan metode bercerita dengan media big book. Nilai signifikansi asimtotik (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,003, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode bercerita dengan media big book memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan membaca dua suku kata pada anak usia dini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dinda Ayu Kartika, Nurhenti Dorlina Simatupang, Muhammad Reza, Sri Widawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ