Penerapan Aktivitas Permainan Guna Meningkatan Keterampilan Motorik Kasar Pada Siswa RA Al-Hikmah Desa Dane Rase Kecamatan Keruak

didik daniyantara, Herman Afrian, Karno Dinata, Lalu Erfan Suryadi, Mahfuz Mahfuz

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah guna meningkatkan keterampilan motorik kasar pada siswa PAUD RA AL-HIKMAH Desa Dane Rase Kecamatan Keruak.  Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa putra dan 10 siswa putri. Sumber data berasal dari peneliti, kolaborator dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan Tes dan observasi. Validitas data dalam menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi. Pembelajaran menggunakan permainan sederhana dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar pada siswa PAUD siswa PAUD RA AL-HIKMAH Desa Dane Rase Kecamatan Keruak.  Pada kondisi awal keterampilan motorik kasar pada kategori Baik sebesar 5,70% atau 1 peserta didik, Cukup sebesar 13,30% atau 7 peserta didik, Kurang sebesar 41,62% atau 10 peserta didik, Kurang Sekali sebesar 15,28% atau 3 peserta didik, jumlah siswa yang tuntas adalah 8 siswa. Pada siklus I keterampilan motorik kasar anak pada kategori Baik sebesar 4,76%, Cukup sebesar 60,92%, Kurang sebesar 27,58% dan kurang Sekali sebesar 3,90%, jumlah siswa yang tuntas adalah 14 siswa. Sedangkan pada siklus II keterampilan motorik kasar pada kategori Baik Sekali sebesar 4,76%, Baik sebesar 20,5%, Cukup sebesar 69,82% dan Kurang sebesar 14,28%, jumlah siswa yang tuntas adalah 18 siswa.


Keywords


Keterampilan Motorik Kasar; Permainan

References


Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 121–136.

HAPIDIN, H., & YENINA, Y. (2016). Pengembangan model permainan tradisional dalam membangun karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201-212.

Hardiningsih, S., Akbar, M. R., & Nurrahmah, N. (2020). Permainan Tradisional Edukatif “Mpaá Ncimi†Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Dan Perilaku Sosial Anak. Jurnal Golden Age, 4(01), 128-135.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Horunisa, P. S., & Cahyati, N. (2020). Media Permainan Sunda Manda Robot Bercahaya Untuk Kemampuan Keseimbangan Anak. 04(1), 1–11.

Ilhami, B. S., & Khaironi, M. (2018). Pelaksanaan Joyfull Learning Berbasis Permainan Tradisional Sasak Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 59-65.

Ismoko, A. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Anak. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan, 2(1), 146-154.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran dengan permainan tradisional engklek sebagai sarana stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86-96.

Musfiroh, T. (2012). Teori dan Konsep Bermain. PAUD4201/Modul 1, 1–44

. Paramita, M. V. A., & Sufiati, V. (2020). Efektifitas Permainan Sirkuit Dalam Menstimulus Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 343-350.

Roostin, E., & Aprilianti, R. (2018). Pengembangan Permainan Tradisional Dakuca Untuk Menstimulasi 6 Aspek Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 13-24.

Setiawan, M. H. Y. (2016). Melatih keterampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-8.

Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). Pengembangan buku panduan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 50-58.

Sutini, A. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik anak usia dini melalui permainan tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52-63.




DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 didik daniyantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats