Penggunaan Modifikasi Perilaku Tipe Reward Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini

Authors

  • sunaring retno astrini UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Keywords:

komunikasi, pengendalian, perilaku emosional, anak usia dini

Abstract

Modifikasi perilaku merupakan salah satu teknik pengubahan perilaku yang paling populer di kalangan para pendidik maupun psikolog. Dalam modifikasi perilaku analisis terhadap perilaku yang akan diubah harus dilakukan menjadi perilaku yang tunggal (rinci), sehingga berbeda dengan perilaku yang lain. Prosedur dan hasil modifikasi perilaku ada kemungkinan dapat diterapkan ke perilaku lain sepanjang ada kemiripan karakteristik perilaku yang akan diubah dengan perilaku yang berhasil diubah. Salah satu tipe modifikasi perilaku anak usia dini adalah penggunaan reward dalam pemebelajaran. Hasil analisis studi teoritis menunjukkan bahwa penggunaan modifikasi perilaku tipe reward dapat meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Ini karena pemberian reward anak akan semangat dan termotivasi untuk melakukan sesuatu dalam belajar. Selain fungsi tersebut reward dapat berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Sesorang melakukan suatu usaha karena adanya motivasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkn hasil yang baik.

Author Biography

sunaring retno astrini, UNIVERSITAS SEBELAS MARET

mohon segera dikoreksi. terima kasih

References

Afifah, N. (2017). Reward Dan Punishment Bagi Pengembangan Kecerdasan. Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 212–228.

Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dan Motivasi Intrinsik Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494-505.

ARIANTI, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Am, S. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada Lina Handayani. (2020). Keuntungan , Kendala Dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif Di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani. Journal Industrial Engineering & Management Research ( Jiemar), 1(2), 15–23.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19 Melalui Publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373-384.

Farihah, H. (2020). Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Pemberian Reward. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17-26.

Feblyna, T., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Reward Untuk Meningkatkan Pembiasaan Disiplin Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1132-1141.

Khoerunisa, E. Y. (2017). Penerapan Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 1(2), 112-120.

Lucas, S., Jernbro, C., Tindberg, Y., & Janson, S. (2016). Bully, Bullied And Abused. Associations Between Violence At Home And Bullying In Childhood. Scandinavian Journal Of Public Health, 44(1), 27–35. Https://Doi.Org/10.1177/1403494815610238

Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229-240.

Novianty, M. (2018). Learning Trajectories Based Inquiry Untuk Membangun Mathematical Knowledge For Teaching Guru Anak Usia Dini. Prisma, 7(2), 123. Https://Doi.Org/10.35194/Jp.V7i2.234

Ramdhani, S., & Yuliastri, N. A. (N.D.). Model Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Membentuk Karakter Jujur Anak Usia 5-6 Tahun Di. 1, 274–286.

Triatma, I. N. (2016). Minat Baca Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166–178. Http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Fiptp/Article/View/3098/0

.Hamalik, O. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT. Bumi Aksara.

Verawaty, V., & Izzati, I. (2020). Hubungan Pemberian Reward Terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1278-1287.

Williams, K. E., Barrett, M. S., Welch, G. F., Abad, V., & Broughton, M. (2015). Associations Between Early Shared Music Activities In The Home And Later Child Outcomes: Findings From The Longitudinal Study Of Australian Children. Early Childhood Research Quarterly, 31, 113–124. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ecresq.2015.01.004

Published

2021-06-30