Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim
Keywords:
, Sikap Tanggung Jawab, Anak Usia 5 - 6 TahunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap tanggung jawab yang dimiliki anak usia 5-6 tahun di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim dengan indikator tanggung jawab yang ingin diteliti : (1) Mengerjakan tugas yang telah diberikan, (2) Menjaga barang miliknya, dan (3) Mengembalikan barang ketempat semula, (4) Menghargai Waktu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 3 orang anak dengan rentang usia 5-6 tahun dan 1 orang guru. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan model analisis Interaktif Miles dan Huberman. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa sikap tanggung jawab anak usia 5 sampai 6 tahun di TK Fajar Cemerlang dalam hal (1) Anak mengerjakan tugas yang telah diberikan sudah terbentuk sebagian besar , (2) Menjaga barang miliknya (3) Meletakkan barang sesuai dengan tempatnya, (4) Anak menghargai waktu terlihat sebagian besar sudah mulai terbentuk namun harus tetap diimbangi dengan bimbingan dari guru agar sikap tanggung jawab tertanam dalam diri anak.References
Andini, Y. T., & Ramiati, E. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran Guna Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 8-15.
Cahyati Nika . (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University .
Hurlock, B Elizabeth. (2005). Perkembangan Anak. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Hamidah, M. (2017). Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Proyek. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 21-37.
Ika., H. R. (2019). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Potensia .
Juwita Rika, Munajat . (2019). Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82-89. Athfal 2 Kota Sukabumi. . Jurnal Utile.
Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuraeni, N. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Paedagogy, 3(2), 65-73.
Pramunditya Ambara Didith. (2014). Asesmen Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153-160.
Rimm Sylvia. (2003). Mendidik Dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama .
Suyadi. (2012). Konsep Dasar Paud. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337-345.
Wijayanti, N., Haenilah, E., & Fatmawati, N. (2018). Hubungan Ikatan (Bonding) Orang Tua Dengan Penanaman Sikap Tanggung Jawab Anak. INDONESIAN JOURNAL OF EARLY CHILDHOOD ISSUES, 1(1).
Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862-872.
Yuliastri, N. A., & Ramdhani, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 44-58.
Zainab. (2012). Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Tk Lembah Sari Agam. Jurnal Pesona PAUD.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ