Model Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak

Muhammad Deni Siregar, Dukha Yunitasari, I Dewa Putu Partha

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perkembangan kepribadian anak  yang di asuh dengan pola otoriter orang tua. Penelitian ini menggunakan 5 keluarga yang memiliki anak berusia 4,5-5 tahun dengan bentuk pola asuh otoriter sebagai subjek penelitian. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan model pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Kemudian data yang sudah terkumpul di analisis dengan cara mendisplay data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Dengan melihat pola asuh otoriter orang terhadap anak dalam proses penelitian ini menunjukkan bahwa, ada 2 perkembangan kepribadian yang terdapat pada anak yaitu pendiam, kaku, dan menentang orang tua, namun 3 anak yang dibiasakan disiplin dan tegas dalam berbagai pelajaran kehidupan yang diberikan orang tua membuat 3 orang anak tersebut selalu melakukan semua yang di perintahkan orang tuanya, adapun kepribadian yang dimiliki 3 orang anak tersebut selalu mentaati perintah orang tua, tidak  berani salah, disiplin bahkan menurut orang tuanya banyak pertanyaan dari anak tentang  kekurangan dan kelebihannya agar orang tuanya puas pada sang anak. Maka dapat di putuskan bahwa pola asuh otoritaer orang dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian anak

Keywords


model pola asuh otoriter, perkembangan kepribadian

Full Text:

XML

References


Berger, L. M., & Mclanahan, S. S. (2015). Income, Relationship Quality, and Parenting: Associations With Child Development in Two-Parent Families. Journal of Marriage and Family, 77(4), 996–1015. https://doi.org/10.1111/jomf.12197

Britto, P. R., Lye, S. J., Proulx, K., Yousafzai, A. K., Matthews, S. G., Vaivada, T., Perez-Escamilla, R., Rao, N., Ip, P., Fernald, L. C. H., MacMillan, H., Hanson, M., Wachs, T. D., Yao, H., Yoshikawa, H., Cerezo, A., Leckman, J. F., & Bhutta, Z. A. (2017). Nurturing care: promoting early childhood development. The Lancet, 389(10064), 91–102. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(16)31390-3

Fitri, G., Asuh, P., & Dalam, M. (2012). Gema Fitri, 2012 Pola Asuh Mendidik Dalam Keluarga Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu. 1–8.

Gaveni, N. (2012). Pelaksanaan program parenting bagi orangtua dalam menumbuhkan perilaku keluarga ramah anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 1–11. https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/5425

Guastaferro, K., Self-Brown, S., Shanley, J. R., Whitaker, D. J., & Lutzker, J. R. (2020). Engagement in Home Visiting: An Overview of the Problem and How a Coalition of Researchers Worked to Address this Cross-model Concern. Journal of Child and Family Studies, 29(1), 4–10. https://doi.org/10.1007/s10826-018-1279-x

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Niklas, F., Cohrssen, C., & Tayler, C. (2016). Parents supporting learning: a non-intensive intervention supporting literacy and numeracy in the home learning environment. International Journal of Early Years Education, 24(2), 121–142. https://doi.org/10.1080/09669760.2016.1155147

Reski Yulina Widiastuti. (2015). Dampak perceraian pada perkembangan sosial dan emosional anak usia 5-6 tahun. PG-Paud Trunojoyo, 2(5), 76–86.

Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Suryadi, B., Soriha, E., & Rahmawati, Y. (2017). Pengaruh gaya pengasuhan orang tua, konsep diri, dan regulasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23,(2), 91–98.

The Wiley Handbook of Early Childhood Development Programs, Practices, and Policies. (2017). In The Wiley Handbook of Early Childhood Development Programs, Practices, and Policies. https://doi.org/10.1002/9781118937334

Van Druten-Frietman, L., Denessen, E., Gijsel, M., & Verhoeven, L. (2015). Child, home and institutional predictors of preschool vocabulary growth. Learning and Individual Differences, 43, 92–99. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2015.08.032

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Yogyakarta, U. N. (2014). - Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Volume 1 – Nomor 1, Maret 2014. 1, 86–100.

Yustina, A., & Setyowati, S. (2021). KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 2 Jurnal PAUD Teratai Volume 10 Nomor 1 Tahun 2021. Jurnal PAUD, 10(1), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Deni Siregar, Dukha Yunitasari, I Dewa Putu Partha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats