Implementasi Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Dodi Ahmad Haerudin STKIP Muhammadiyah Kuningan

Keywords:

nilai agama, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai agama pada anak usia dini di RA bani Utsman Darma. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data dengan menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, dependabilitas ketergantungan, dan jaminan konfirmabilitas. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif analisis Miles & Huberman yaitu Pengumpulan Data, Tampilan Data, Reduksi Data, dan Gambar Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai agama pada anak-anak di RA Bani Utsman sudah ditanam dengan baik, pembudidayaannya melalui kebiasaan membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan. pembiasaan amalan shalat, pembiasaan tingkah laku yang baik. Ini ditanamkan melalui pembiasaan, bercerita, menyanyi, karyawisata dan modeling

References

Implementasinya dalam Materi Sains. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 1(2), 243–272. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v1i2.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). The Role of Parents in Applying Learning at Home During the Covid Pandemic 19. Journal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 4–6.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152-159.

Dinehart, L. H. (2015). Handwriting in early childhood education: Current research and future implications. Journal of Early Childhood Literacy, 15(1), 97–118. https://doi.org/10.1177/1468798414522825

Fitroh, S. F., Dwi, E., Sari, N., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Ilmu, F., & Madura, U. T. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. PG-PAUD Trunojoyo, 2.

Giri, R. A., & Supriatna, N. (2018). TOLERANCE AS A CHARACTER EDUCATION IN SOCIAL STUDIES LEARNING FOR 21 ST CENTURY. 183–191.

Haslip, M. J., & Donaldson, L. (2021). How Early Childhood Educators Resolve Workplace Challenges Using Character Strengths and Model Character for Children in the Process. Early Childhood Education Journal, 49(2), 337-348.

Haerudin, D. A., & Cahyati, N. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1-9.

Horunisa, P. S., & Cahyati, N. (2020). Media Permainan Sunda Manda Robot Bercahaya Untuk Kemampuan Keseimbangan Anak. 04(1), 1–11.

Imroatun, I., Widat, F., Fauziddin, M., Farida, S., & Maryam, S. (2021, February). Youtube as a Media For Strengthining Character Education in Early Childhood. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1779, No. 1, p. 012064). IOP Publishing.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82-89.Permen Dikbud Nomor 137 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2014).

Nurhaedah, A. A. (2018). Model Pembelajaran High / Scope dalam Menumbuh Kembangkan Kemampuan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 471–476.

Putri Sarasati, T., & Cahyati, N. (2020). Pengembangan Boneka Edukatif untuk Pengenalan Pendidikan Seks Anak. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(2), 58–69. https://doi.org/10.37411/jecej.v2i2.152

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Salehudin, M. (2020). Penggunaan Multimedia Berbasis Teknologi Bagi Pendidikan Profesi Guru (PPG): Analisis User Experience (UX). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 93–109.

Saptatiningsih, R. I., & Permana, S. A. (2019, November). Early Childhood Character Building Troughtechnological Education. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1254, No. 1, p. 012048). IOP Publishing.

Suhirman, S. (2017). Cerita Tradisional Sasak Lombok Sebagai Sarana Transmisi Budaya Untuk Membentuk Karakter Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 48. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.481

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: jurnal Pendidikan anak usia dini, 5(1), 772-782.

Wijayanto, P. W., & Siradj, Y. (2017). The Educational Game “Indonesian Tribes†for the Kindergarten Students. IJPTE : International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.20961/ijpte.v1i1.8456

Downloads

Published

2021-06-30