Analisis Buku Cerita Bergambar “Bee Series†Sebagai Media Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak

Riri Amril, Rismareni Pransiska

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis buku cerita bergambar “Bee Series†terhadap nilai-nilai karakter pada anak usia dini. Pada penelitian ini peneliti memakai metode kualitaif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan analisis documen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk melihat nilai-nilai karakter pada anak usia dini yang terbisa dalam buku cerita bergambar “Bee Series†ini yang mana pada buku ini peneliti menganalisis lima Series buku, yaitu diantaranya series indahnya berbagi bersama teman,  yuk berkata jujur, ketua kelas yang adil, bersih itu sehat lho, dan aku bukan anak pemalas. Setiap series buku memiliki nilai-nilai karakter yang bisa ditumbuhkan pada anak usia dini. Diantara nilai-nilai karakter yang terbisa pada setiap series buku yaitu, belajar untuk bisa saling tolong menolong, mengajak anak selalu berkata jujur, mengajarkan anak untuk menerima penbisa dan berani mengeluarkan penbisa, mengajarkan anak untuk selalu menjaga kkebersihan, dan mengajarkan anak untuk memiliki sikap keja keras.


Keywords


Buku Cerita Bergambar, Nilai Karakter, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Afrilia, Fani Riska. (2020). Analisis Nilai Karakter Dalam Film Nusa dan Rara Karya Aditya Triantoro. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 3 No 2..

Anhusadar, L & Islamiyah. 1 (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia di Tengah Pandemi Covid 19 Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1), 4633.

Ashiong, Perhehean. Dkk. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Jurnal Satya Widya. Vol XXXV No 2 Desember 2019..

Ahsanah Anita. (2018). Implementasi Nilai Karakter Melalui Metode Bernyanyi Untuk Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak Sartika Darma Sudjona Kecamatan Banda Mataram. Skripsi.

Elfindri. (2012) Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode, dan Aplikasi Untuk Pendidikan Dan Profesional. Jakarta: Badouse Media.

Eviliana, dkk (2017). Ketua Kelas Yang Adil. Bee Media Pustaka: Jakarta.

Eviliana, dkk (2016). Yuk Berkata Jujur. Bee Media Pustaka: Jakarta.

Eviliana, dkk (2017). Bersih Itu Sehat, Lho!. Bee Media Pustaka: Jakarta.

Eviliana, dkk (2016). Indahnya Berbagi Bersama Teman. Bee Media Pustaka: Jakarta.

Eviliana, dkk (2016). Aku Bukan Anak Yang Pemalas. Bee Media Pustaka: Jakarta.

Dellya Halim, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 3 No 9 September 2019.

Indiarti. (2017). Nilai-nilai Pembentuk Karakter Dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Watu Dodol. Jurnal Jentera. Vol 6 No 1 Juni 2017.

Sugiarto, Eko. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis.

Nurgiantoro, B. (2018). Sastra Anak : Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rachmah, Huriah. (2013). Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yangberdasarkan Pancasila Dan Uud 1945. Vol 1 No 1 Juli 2013. E-Journal WIDYA Non-Eksakta..

Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.

Zaini, Ahmad. (2015). Bermain Sebagi Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Vol 3 Nomor 1 Januari-Juni 2015. Jurnal IAIN Kudus.




DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riri Amril

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats