Analisis Film Serial Televisi “Sesame Street “Dalam Pengembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini

Authors

  • Resti Marguri Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Rismareni Pransiska

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3489

Keywords:

Kata kunci, Film Serial Televisi Sesame Street, Bahasa Inggris, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis film serial televisi Sesame Street dalam pengembangan Bahasa Inggris anak usia dini. Pada penelitian ini peneliti memakai metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada film ini yang akan dianalisis yaitu kosakata, artikulasi atau pelafalan kata, bahasa tubuh, dan ungkapan sederhana. Setiap serial film ini memiliki kosakata yang sangat beragam serta dapat menambah pembendaharaan bahasa anak, memiliki artikulasi atau pelafalan kata yang jelas karena diucapkan langsung oleh penutur asli Selanjutnya pada penyajian film ini bahasa tubuh yang ditampilkan pun sangat jelas dan sesuai dengan penempatan kata Bahasa Inggris yang dilontarkan pada subtitle sehingga anak lebih mudah memahami makna  dari Bahasa Inggris film ini. analisis selanjutnya pada film ini yaitu ungkapan sederhana berbahasa Inggris yang ada didalam film ini juga sangat banyak ditemukan yang nantinya dapat anak pratekkan dalam berkomunikasi sehari-hari karena bahasanya lebih simple dan sederhana serta ungkapan sederhana sangat umum dipakai dalam komunikasi sehari-hari.

Author Biography

Resti Marguri, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas Negeri Padang

References

DAFTAR PUSTAKA

Astuti, Y. W. & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2,Nomor 2.

Charlotte, A. H. (2014). Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini Versus Budaya Lokal. Cakrawala Dini : Vol. 5 No. 2.

Eriyantto.(2011). Analisis Isi: Pengantar Metodoogi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Imu-Ilmu Social Lainnya. Jakarta:Kencana.

Fitrah, M. & Luthfiyah.(2018). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak. .

Hasanah, Umrotul & Nulhakim. Lukman.(2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. JPPI, Vol. 1, No. 1.

Jazuly, Ahmad. (2016). Peran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, Vol 6, No. 1.

Makasau, Rosmayasinta.(2017). Pembelajaran Kosa Kata Secara Insidental (Pada Anak) Melalui Film Kartun Berbahasa Inggris. JURNAL JUMPA Vol. V, No. 2.

Mazhabi, Zobi.(2019). Pengajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan. THUFULI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini . Volume 1 Nomor 2.

Mulyadi, Mohaammad.(2011). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA Vol. 15 No. 1.

Muryanti, E. (2011). Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini.Padang: UNP Press

Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Pransiska, Rismareni.(2018). Kajian Program Bilingual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. EDUKASI : Jurnal Pendidikan, Vol 10, No.2.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Putri, N. S., & Muryanti, E. (2020). Video Game Series Dalam pengucapan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3026-3037.

Rossy, A. E. & Wahid, U.(2015). Analisi Isi Kekerasan Seksual Dalam Pemberitaan Media Online Detik.Com. Jurnal Komunikasi, Vol. 7, No. 2.

Salnita, Y. E., Atmazaki & Abdurahman. (2019). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3 Issue 1.

Sari, Linda & Lestari, Zuliana. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Sinaga, J. B., Manurung, S. & Marpaung, J. E. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Kelurahan Buliang Rw 18. Minda Baharu, Volume 1.

Sophya, I. V. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Thufula,Vol. 2, No. 2 .

Suryana, Dadan.(2014). Dasar Dasar Pendidikan TK.Tanggerang Selatan:Universitas Terbuka.

Syafrudin,Chabib & Pujiyono, Wahyu.(2013). Pembuatan Film Animasi Pendek “Dahsyatnya Sedekah†Berbasis Multimedia Menggunakan Teknik 2d Hybrid Animation Dengan Pemanfaatan Graphic. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Volume 1 Nomor 1.

Yusuf, Muri.(2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta:Kencana.

Published

2021-06-30