ANALISIS NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI PADA FILM ANIMASI OMAR DAN HANA
Keywords:
Film Animasi Omar Dan Hana, Nilai Agama Dan Moral, Anak Usia DiniAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu guna menganalisis film animasi Omar dan Hana terhadap aspek perkembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian yang dilaksanakan untuk melihat nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini yang terkandung di film animasi Omar dan Hana ini yang mana pada film ini peneliti menganalisis delapan episode. Diantara nilai-nilai agama serta moral yang terkandung dalam setiap episodenya yaitu, mengenalkan nabi terhadap anak usia dini, mengajarkan anak guna selalu berkata jujur , saling tolong menolong, selalu bersyukur kepada allah swt, memiliki sikap kerjasama, selalu menjaga kebersihan, tidak mubadzir dan selalu berhemat ketika menggunakan air. Film ini terdapat lagu-lagu islami yang mana anak usia dini sangat menyukai nyanyian. Anak akan mudah memahami film ini karena adegan dari setiap episode menceritakan tentang keseharian Omar dan Hana dan dengan lingkup yang dekat dengan lingkungan anak.
References
Aan Prabowo, Heriyanto, S.Sos., M. I. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–9. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jip%5cnanalisis
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V1i1.28
Chairilsyah, D. (2016). Metode Dan Teknik Mengajarkan Kejujuran Pada Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Educhild, 5(1), 8–14.
Fauzi, Achmad. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Yinyang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 13(1), 71–83. Https://Doi.Org/10.24090/Yinyang.V13i1.2018.Pp71-83
Hanipah, S. (2016). Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Paud Nurul Islam. Nuansa, Ix(2), 123–133.
Hotang, Rosinda Br. (2020). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 58, 23–34.
Julianti, R., Drs. H. M Nasirun, M. P., & Wembrayarli, S.Pd., M. S. (2018). Pelaksanaan Phbs Di Lingkungan Sekolah. Ilmiah Potensia, 3(2), 11–17. Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Potensia/Article/View/2960/2681%0ahttps://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Ujph/Article/View/5969%0ahttps://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Jkkt/Article/View/7778/7341
Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. 8(33), 37. Http://Paud.Kemdikbud.Go.Id/Wp-Content/Uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.Pdf
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. Https://Doi.Org/10.29408/Goldenage.V1i01.479
Kusna, S. L., Kusna, S. L., & Dini, A. U. (2020). Strategi Mendidik Anak Usia Dini Untuk Cinta ewqKepada Nabi. 9(2), 13–27.
Kusumaningrum, D. N. (2017). Analisis Film Kartun Upin Ipin Sebagai Media Pendidikan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Taman Kanak …. Http://Lib.Unnes.Ac.Id/31050/
Sa’adah, I. (2019). Upaya Peningkatan Karakter Religius Anak Usia Dini Di Ta Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Skripsi.
Setyowati, T. (2012). Pengenalan Nilai-Nilai Hemat Energi Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga. Agri-Tek, 13(September), 88–100.
Sugiyono. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181.
Supriyanto, D. (2015). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Dan Pendidikan Keagamaan Orangtua. 5. Https://Doaj.Org/Article/7d813ee5c722420e961de9fed531a2b0
Valentino, R. (2012). Pendidikan Nilai Dalam Film The Ron Clark Story Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Zainab. (2012). Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Tk Lembah Sari Agama. Pesona Paud, 1(1), 68–70.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ