Asesmen Virtual Pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Asesmen Virtual, Pembelajaran, PendidikanAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis aktivitas penilaian virtual pada pembelajaran pendidikan Usia Dini yang ada di kota kendari pada masa pandemi covid-19. Penelitian berbentuk kualitatif dengan deskriptif analitis, dilakukan pada bulan Juni sampai Agustus 2020. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi, dengan informan yaitu kepala sekolah, guru dan orang tua. data yang terkumpul selanjutnya dikategorisasi, disajikan, dan disimpulkan oleh peneliti. Triangulasi digunakan oleh peneliti untuk menjaga keshahihan data penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pertama, penilaian hasil belajar mulanya berfokus pada aktivitas pembelajaran untuk melihat perkembangan kemampuan anak beralih pada penilaian dengan melihat rekaman aktivitas belajar anak di rumah yang dikirim melalui media online (whatsapp) yang berarti bahwa orisinalitas tidak terjamin. kedua, penilaian virtual yang dilakukan oleh guru merupakan penilaian hasil belajar yang dilakukan di rumah masing-masing sehingga penilaian akan lebih berfokus pada hasil karya dan pada kemampuan kognitif siswa.
References
Ananda, Rizki dan Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20–26.
Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Duha, Refisi dan Widiastuti, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Role Playing di Kelompok Bermain. Satya Widya, 34(1), 77–87.
Handini, M. C. (2016). Metodologi Penelitian Untuk Pemula. Jakarta: FIP Press.
Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Kelima). Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak (Keenam). Jakarta: Erlangga.
Joni. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung dengan Permainan Dadu TK Mutiara Pekanbaru. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–10. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.44
Kebudayaan, K. P. dan. Permen Dikbud Nomor 137 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. , (2014).
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 41–52.
Nurbayani, Y. (2011). Pengaruh Penerapan Bermain Dengan Dadu Geometri Terhadap Keterampilan Sosial Dan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nurdin dan, & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686–697.
Papalia, D. E. dan R. D. F. (2015). Menyelami Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Rohmawati, Mirsa dan Simatupang, N. D. (2017). Pengaruh Permainan Dadu Warna-Warni Modifikasi Terhadap Kemampuan Menghitung Anak Usia 5-6 Tahun di TK PKK Sidomulyo Purwoasri Kediri. Jurnal PAUD Teratai, 6(3), 1–4.
Sujiono, Y. N. (2013). Asesmen Perkembangan Anak Berbasis Kecerdasan Jamak. In Makalah Semiloka PAUD yang diselenggarakan oleh Direktorat PAUD (Bulan Mare). Bandung.
Suyadi dan Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yansa, H. dan, & Retnawati, H. (2021). Identifikasi Praktik dan Hambatan Guru dalam Asesmen Kognitif Matematika di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Elemen, 7(1), 84–97.
Zaini, A. (2015). Bermain sebagai Metode untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Atfal, 3(1), 118–134. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ