Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak TK

Authors

  • Dara Gebrina Rezieka Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3699

Abstract

Bahasa ialah bentuk penyampaian perasaan dan pikiran manusia yang disalurkan dengan kata-kata kepada lawan bicara. Perkembangan intelektual, sosial dan emosional anak sangat bergantung pada peranan bahasa yang diberikan. Tujuan penelitian dilakukan untuk melihat adanya  pengaruh pada metode pembelajaran bercerita terhadap kemampuan berbahasa anak di TK Baiturrahim Meulaboh. Indikator yang diamati yaitu berani berbicara, berani mengungkapkan keinginan sendiri, kelancaran dalam menceritakan kembali isi cerita, memahami isi kandungan cerita, berani tampil didepan umum. Dari hasil penelitian ini yakni adanya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbahasa anak dan analisis data dengan perhitungan berdasarkan persentase. Adapun buktinya yakni berdasarkan kriteria kemampuan berbahasa anak. ditemukan 9 dari 25 anak (36%) berada di kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), lalu terdapat 14 anak dari 25 anak (56%) termasuk pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan terdapat 2 dari 25 anak (8%) berada di kegori Mulai Berkembang (MB).

References

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Arikunto. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1–7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315

Masganti. (2017). Psikologi perkembangan anak. Kencana.

Saribu, A., & Hidayah, A. N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho, 2(1), 6. https://doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8299

Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara. Vol 3 No.

Sudjana. (2014). Metode Statistik. PT. Tarsino.

Wati, N. S. (2018). Pengaruh Stimulasi Mendengarkan Lagu Dan Bernyayi Terhadap Perkembangan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 75. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1081

Yulida, E. (2020). Efektifitas Pengenalan Cerita Rakyat Terhadap Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.

Published

2021-12-30