IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOME VISIT TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI DISIPLIN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • euis sugihartini STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Chitra Charisma Islami STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3731

Keywords:

Home Visit, Disiplin, Pandemi COVID-19

Abstract

Euis Sugihartini (NIM:174223008), Implementasi  Pembelajaran Home Visit Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Disiplin Anak Usia Dini Di Masa Pandemi COVID-19. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), 2021. Adanya wabah COVID-19 yang menyerang ke seluruh dunia termasuk Indonesia menyebabkan semua tatanan kehidupan menjadi berubah termasuk dunia pendidikan. Perubahan yang terjadi di dunia pendidikan yaitu dengan diberlakukannya pembelajaran secara Daring dari rumah. Pembelajaran yang dilakukan secara daring mempunyai berbagai macam kendala, salah satu alternatif pembelajaran yang bisa dilakukan di masa pandemi ini adalah dengan melakukan pembelajaran secara Home Visit. Tingkat kedisipilnan anak selama pandemi ini berbeda dengan kondisi yang biasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi  pembelajaran Home Visit terhadap penanaman nilai-nilai disiplin anak usia dini di masa pandemi COVID-19. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa Kober Melati Kuningan, semester II tahun pelajaran 2020/2021.Adapun jumlah anak didik di Kober Melati adalah 40 anak dengan jumlah sampel 4 anak. Penelitian ini bersifat secara mendalam (jenis studi kasus) antara peneliti, orang tua murid, dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Implementasi Pembelajaran Home Visit Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Disiplin Anak Usia Dini Di Masa Pandemi COVID-19 ini masih rendah. Hal ini terlihat dari masih belum disipin serta masih banyak aturan yang masih dilanggar oleh anak-anak baik baik di rumah maupun di sekolah. Faktor penghambat dalam menanamkan kedisiplinan pada anak di Kober Melati adalah kurangnya semangat pada anak, adanya perbedaan karakter anak serta terbatasnya Alat Permainan Edukatif Luar. Faktor Pendukung dalam menanamkan kedisiplinan pada anak di Kober Melati adalah peran orang tua, perbedaan usia anak serta adanya peraturan yang telh di sepakati bersama.

 

 

 

Kata-kata Kunci: Home Visit, Disiplin, Pandemi COVID-19.

References

Ade Yosefa. 2021. Home Visit Method Dalam Pembelajaran Luring Di Masa Pandemi COVID-19 Di Min 3 Musi Rawas. Skripsi. Universitas Jambi.

Anisa Yunita Sari & Fitri Rofiyarti. 2017. Penerapan Disiplin Sebagai Bentuk Pembinaan Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3 Nomor 3c.

Besse Nirmala dan Hairul Annuar. 2021. Home Visit: Strategi PAUD Dari Rumah Bagi Guru Di Daerah 3T Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5.

Eka Sapti Cahyaningrum, Sudaryanti & Nurtanio Agus Purwanto. 2017. Pengembangan Nilai – Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal. Volume 6 Edisi 2.

Husna Amalia. 2016. Implementasi Home Visit Dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI Di SDIT AlAzhar Kediri. Didaktika Religia. Vol 4 No 1.

Ihda A’yunil Khotimah. 2019. Disiplin Pada anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 1 No. 1.

Isnaenti Fat Rochimi & Suismanto. 2018. Upaya Guru Menanamkan Nilai – Nilai Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume 3 No. 4.

Jauharotur Rihlah, Ulufiyatul Kamilah & Destita Shari. 2020. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID – 19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 4 No. 1.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta. Kementrian Pendidikan Nasional.

Khomsatun Khoeriyah. 2019. Penanaman Karakter Disiplin Dan Mandiri Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Islam Teladan Al-Fattah Sumampir Purwokerto Utara Banyumas. Skripsi IAIN Purwokerto.

Slamet Suyanto. 2012. Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 1 Edisi 1.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Published

2021-12-31