EFEKTIVITAS STORYTELLING DENGAN CELEMEK CERITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM SHABRINA NANGGALO

Authors

  • agnesia stela riadi UNP
  • Yulosyfriend Yulsyofriend Universitas Negeri Padang

Keywords:

Kata kunci, Storytelling, Celemek Cerita, Berbicara, Anak Usia Dini, Taman Kanak-kanak

Abstract

Perkembangan berbicara anak di Taman Kanak-kanak belum berkembang secara optimal karena proses kegiatan bercerita kurang bervariasi sehingga kurangnya daya tarik anak untuk mendengarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif storytelling dengan celemek cerita dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy experimental dengan jenis nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa tes. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling probability samping dengan jenis teknik cluster sampling atau area sampling. Kelas eksperimen di kelas B1 dengan celemek cerita dan kelas B2 dengan boneka jari. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Normalitas, Uji homogenitas, Uji hipotesis. Hasil uji hipotesis pada post-test didapat thitung > ttabel dimana 3,1017 > 2,08596 yang dibuktikan dengan taraf signifikan α 0,05 ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan berbicara anak kelas eksperimen bercerita dengen media celemek cerita dibandingkan dengan kelas kontrol bercerita dengan boneka jari.

References

Anngraini, Dwiyani, Sofia Hartati, Yuliani Nurani. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Asmariani, Asmariania. (2016). “Konsep Media Pembelajaran Paud.†Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban. Vol 5, No 1.

Dhieni Nurbiana, dkk. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Handayani, Tri dan Ratna Istiarini. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Celemek Cerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK IT Al Amanah Kecamatan Pariuk Kota Tangerang.†Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 3 No 1

Hurlock,Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Liu, M. C., & Wang, J. Y. (2010). Investigating knowledge integration in web-based thematic learning using concept mapping assessment. Educational Technology and Society, Vol 13 No (2), 25–39.

Madyawati, Lilis. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana

Moezzi, M., Janda, K. B., & Rotmann, S. (2017). Using stories, narratives, and storytelling in energy and climate change research. Energy Research and Social Science, Vol 31(August), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.erss.2017.06.034

Nur Azizah, A., & Ali, M. (n.d.). Penanaman Nilai Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5 –6 Tahun Di Tk Khodijah, 1–16. Vol 4 No 3

Nuryanti, Ni Wayan Arik, Nyoman Wirya, Nice Maylani Asril, And S. Psi. (2014). “Penerapan Metode Mind Map Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B2.†Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. No 2, Vol 1. Doi: 10.23887/Paud.V2i1.3519.

Rahmawatiningtyas, Eny. (2020). “Penerapan Storytelling Penggalan Kisah Soekarno Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Sosial Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Kademangan.†Foramadiahi. Vol 12, No 1 :41–54.

Satriana, Malpaleni, Budi Rahardjo, And Siti Hasanah. (2018). “Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Panggung Boneka Tangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Cendrawasih Samarinda Tahun 2017.†Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial. Vol 7, No 2 :83–88.

Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak). Padang: Kencana

Tanfidiyah, Nur dan Ferdian Utama. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Ceritaâ€. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 4 No 3: 9-18

Uce, Loeziana. (2017). “The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak.†Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak. Vol 1,No 2:77–92.

Varun, A., Kalpana, V. (2014). Impact ot thematic approach on communication skills in preschool. imperial journal of interdisciplinary research vol 2 issue 10.2016 ISSN: 2454-1362

Wardani, N. E., &Widiyastuti, E. (2015). Integrated Thematic Learning Model Based on Wayang Kancil Which can be Used to Teach Character Education Values to Pupils of Elementary Schools in Surakarta, Indonesia. Asian Journal of Management Sciences & Education, Vol 3 No 1 (April), 36–42.

Published

2021-12-31