PENGARUH DONGENG MELALUI MEDIA DIGITAL YOUTUBE DAN ZOOM TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK NEGERI PEMBINA KOTA MOJOKERTO

Jihan Luthfiah, Adi Wijayanto

Abstract


Abstrak

Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu di masa pandemic covid-19 kemampuan menyimak anak di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto cenderung rendah. Peneliti juga ingin meneliti apakah ada pengaruh secara bersamaan pemberian dongeng antara media digital Youtube dan Zoom terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan menggunakan model quasi experimental. Hasil penelitian pada skripsi ini yaitu kemampuan menyimak dongeng anak menggunakan media digital Zoom dan Youtube di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto pada usia 5-6 tahun memiliki pengaruh secara bersamaan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil sig One Way Anova yaitu 0.004 < 0.05 yang berarti terdapat pengaruh bersama-sama antara media digital Zoom dan Youtube terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto. Dongeng dengan menggunakan media digital Youtube dan Zoom merupakan media yang baik untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun.

 

 


Keywords


Dongeng, Kemampuan Menyimak, 5-6 Tahun, Youtube, Zoom

References


Mulyati, Yeti dan Isah Cahyani. (2015). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. (Tangerang

Selatan: Universitas Terbuka).

Faiqah, Fatty, Muh. Nadjib, dan Andi Subhan Amir. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi

Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA. Vol. 5. No.2. hal 261-

Haqien, Danin dan Aqiilah Afiifadiyah Rahman. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan). Vol. 5, No. 1, hal. 52.

Marhamah, Ayu Vita Tri Rezeki, Dewi Amelia, Eva Nuraeni, Finita Dewi. (2021). Implementasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran Daring di TK Kemala Bhayangkari 11 Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering and Education (IJOCSEE). Vol. 1, No. 1. hal 50.




DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jihan Luthfiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats