IMPLEMENTASI METODE BERMAIN KOTAK KATA DALAM PENGENALAN KEAKSARAAN AUD 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelakasanaan pembelajaran dengan metode bermain kotak kata dalam pengenalan keaksaraan AUD. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk mengamati pengenalan keaksaraan dengan metode bermain media kotak kata pada anak. Hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif kualitatif . subjek penelitian anak kelompok B PAUD DAHLIA XI. Hasil peneitian yang diperoleh menunjukkan bahwa implementasi metode bermain kotak kata dalam pengenalan keaksaraan yaitu: bagaimana anak mampu mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan, bagaimana anak mampu meyusun suku kata menjadi kalimat, bagaimana anak mampu meniru tulisan huruf ke dalam buku.
References
Adams-Chapman, I., Bann, C., Carter, S.L., & Stoll, B.J. (2015). Language outcomes among ELBW infants in early childhood. Early Human Development, 91(6), 373-379. https://doi.org/10.1016/j.earlhumdev.2015.03.011, jurnal Golden Age, vol. 5 No. 02, juni 2021, Hal. 23-30
Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Golden Age, Vol. 5 No. 02, juni 2021, Hal. 23-30
Marcela, R. A., & Rozie, F. (2020). Penerapan Metode Bercerita Dalam Optimalisasi Bahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negri 02 Tenggarong. Jurnal Golden Age, Vol. 5.No 02, Juni 2021, Hal 23-30
Nahdi, K., & Yunitasari, D.(2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Golden Age, Vol. 5 No. 02, juni 2021, Hal. 23-30
Rahman, 2005 . Konsep Dasar Pendidikan Anaka Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media, jurnal Ilmiah Potensia, 2016, vol. 1 (1), 56-60
Sugiyono, 2016. Metode Peneltian Pendidikan Pendekatan kualitataif , dan R&D.Bandung: Alfabeta. Jurnal Strategi Pembelajaran Mengenalkan Keaksaraan Anak Kelompok B Dalam Model Pembelajaran Sentra Persiapan Sentra Persiapan Di TK Islam Al Fajar
Tedjasapura, Mayke S., Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo,2001, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 8 Edisi l, April 2014
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ