IMPLEMENTASI METODE BERMAIN KOTAK KATA DALAM PENGENALAN KEAKSARAAN AUD 5-6 TAHUN

Authors

  • Ida danikawati Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelakasanaan pembelajaran dengan metode bermain kotak kata dalam pengenalan keaksaraan AUD. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif  dengan pendekatan deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk mengamati pengenalan keaksaraan dengan metode bermain media kotak kata pada anak. Hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif kualitatif . subjek penelitian anak kelompok B PAUD DAHLIA XI. Hasil peneitian yang diperoleh menunjukkan bahwa implementasi metode bermain kotak kata dalam pengenalan keaksaraan yaitu: bagaimana anak mampu mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan, bagaimana anak mampu meyusun suku kata menjadi kalimat, bagaimana anak mampu meniru tulisan huruf ke dalam buku.     

References

Adams-Chapman, I., Bann, C., Carter, S.L., & Stoll, B.J. (2015). Language outcomes among ELBW infants in early childhood. Early Human Development, 91(6), 373-379. https://doi.org/10.1016/j.earlhumdev.2015.03.011, jurnal Golden Age, vol. 5 No. 02, juni 2021, Hal. 23-30

Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Golden Age, Vol. 5 No. 02, juni 2021, Hal. 23-30

Marcela, R. A., & Rozie, F. (2020). Penerapan Metode Bercerita Dalam Optimalisasi Bahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negri 02 Tenggarong. Jurnal Golden Age, Vol. 5.No 02, Juni 2021, Hal 23-30

Nahdi, K., & Yunitasari, D.(2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Golden Age, Vol. 5 No. 02, juni 2021, Hal. 23-30

Rahman, 2005 . Konsep Dasar Pendidikan Anaka Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media, jurnal Ilmiah Potensia, 2016, vol. 1 (1), 56-60

Sugiyono, 2016. Metode Peneltian Pendidikan Pendekatan kualitataif , dan R&D.Bandung: Alfabeta. Jurnal Strategi Pembelajaran Mengenalkan Keaksaraan Anak Kelompok B Dalam Model Pembelajaran Sentra Persiapan Sentra Persiapan Di TK Islam Al Fajar

Tedjasapura, Mayke S., Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo,2001, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 8 Edisi l, April 2014

Published

2021-12-31