Materi Pengenalan Sains Melalui Percobaan Sederhana Kelompok B Di PAUD Cerdas Sintang
Abstract
Penelitian ini bertolak dari permasalahan tentang pelaksanaan pengenalan sains melalui kegiatan percobaan sederhana belum optimal yang sesuai dengan tema pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan materi yang digunakan dalam pengenalan sains melalui percobaan sederhana di PAUD Cerdas Sintang.Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling.Subjek Penelitian ini terdiri dari guru-guru PAUD Cerdas Sintang.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, kategorisasi, display dan pengambilan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan materi pengenalan sains melalui percobaan sederhana di PAUD Cerdas Sintang yaitu sains fisik, sains makhluk hidup, dan sains bumi dan lingkungan. Metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi dan eksperimen.Pernyataan hasil dalam pengenalan sains melalui percobaan sederhana yaituadanya pengetahuan dan pemahaman peseta didik tentang sains, anak-anak semangat dalam mendengarkan materi yang disampaikan ibu guru, anak-anak mampu mendemonstrasikan materi pengenalan sains.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana.
Ali Nugraha. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.
Hasbi, M. & Wulandari, R. (2020). Bermain Sains. Jakarta: Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Djamarah, Syaiful Bahri. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
Miles,M.B, &Huberman,A.M. (2014).Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Neni Susilowati (2016) “Pengenalan Sains Melalui Percobaan Sederhana Dalam Pembelajaran Sains Pada Anak Kelompok B di KB-RA IT Al-Husna Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 5 Tahun ke-5
Ozturk Yilmaztekin dan Feiza Tantekin Erden. (2011). Early Childhood Teachers’ View About
Science Teaching Practices. Western Anatolia: ISSN 1308-8971.
Roestiyah.(2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Slamet Suyanto. (2005). Pembelajaran Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. (2014). MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.4037
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Suryameng Suryameng

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats