IMPLEMENTASI TEKNIK BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI GANGGUAN KECEMASAN SOSIAL ANAK USIA DINI
Keywords:
teknik bimbingan konseling, gangguan kecemasan sosial, anak usia dini.Abstract
Dalam proses pembelajaran terdapat berbagai masalah yang perlu diselaraskan dan distabilkan agar tercipta kondisi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Semakin kompleksnya permasalahan yang dialami oleh peserta didik di jenjang pendidikan dasar, menengah ataupun atas, akan tetapi juga permasalahan yang muncul pada anak usia dini. Salah satu diantaranya adalah gangguan kecemasan sosial yang dialami oleh anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dari teknik-teknik bimbingan konseling dalam mengatasi gangguan kecemasan sosial anak usia dini. Disini peran konselor atau guru di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat diperlukan dalam memberikan stimulasi untuk menangani permasalahan tersebut. Dengan asumsi bahwa pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang sangat penting karena sebagai pondasi bagaimana anak ketika sudah besar, maka layanan bimbingan konseling diterapkan pada anak usia dini melalui tata cara atau pendekatan maupun teknik khusus yang digunakan disesuaikan dengan usianya. Teknik yang digunakan dalam melakukan bimbingan dan konseling pada anak usia dini yaitu ada 4 teknik antara lain aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ