PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 DI TK NEGERI 1 SINTANG

Authors

  • Fransiska Siska STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Adpriyadi Adpriyadi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Dian Wahyuningsih STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.4166

Keywords:

pendidikan karakter, kurikulum 2013, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Abstrak

Setiap sekolah memiliki masalah yang berbeda berkaitan dengan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 di Taman Kanak-Kanak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 Di TK Negeri 1 Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Infoman dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah dan 4 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data berupa interactive model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 di TK Negeri 1 Sintang meliputi rasa hormat, bertanggungjawab, kasih sayang dan dapat dipercaya. (2) Penanaman Nilai-Nilai Karakter di TK Negeri 1 Sintang dilakukan melalui pemberian contoh, penjelasan, anjuran, etos dan pengalaman dan hal ini dilakukan melalui kegiatan pembiasaan. Melalui penelitian ini maka diharapkan dapat memperkaya wawasan dan menambah referansi mengenai pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 khususnya di Taman Kanak-Kanak.

Kata kunci: pendidikan karakter, kurikulum 2013, Taman Kanak-Kanak

 

Abstract

Every school has different problems related to character education in the curriculum 2013 at Kindergarten. The purpose of this study was to describe character education in the curriculum 2013 at TK Negeri 1 Sintang. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. Informants in this study amounted to 5 people consisted of 1 principal and 4 teachers. Data collection techniques using observation, interviews and documentation with data analysis techniques use interactive model from Miles and Huberman. The results of the study show that : (1) Character Education in the Curriculum 2013 at TK Negeri 1 Sintang includes respect, responsibility, compassion and trustworthiness. (2) The instilling of Character Values at TK Negeri 1 Sintang is done through giving examples, explanations, suggestions, ethos and experiences and this is done through habituation activities. Through this research, it is hoped that it can enrich insight and add references to the importance of Character Education in the  Curriculum 2013, especially at Kindergarten.

Keyword: character education, curriculum 2013, kindergarten

References

Atikah, C., Rosidah, L., & Wardhani, D.K. (2017). Implementasi Penerapan Kurikulum 2013 di TK. JPP PAUD UNTIRTA. Vol. 4, No.1, Mei 2017, Hal. 1-10.

Creswell, John W. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi ke-4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Halimah, L. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Sholekah, F.F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education. 1 (1): 1-6.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Waseso, H.P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. Wonosobo: Study Pendidikan Islam. 1 (1): 61-65.

Wibowo, A. (2017). Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaida. (2016). Imlementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Madaniyah. 1 (10): 124-142.

Published

2021-12-31