PENGARUH GAME EDUKATIF MENGENAL HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN

Authors

  • Lia Sofiana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Luluk Asmawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Fahmi Fahmi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Game Edukatif, Kemampuan Membaca Permulaan, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Membaca permulaan harus diajarkan sejak dini karena dengan membaca dapat dijadikan sebagai jendela dunia. Kegiatan pembelajaran membaca permulaan masih kurang inovatif sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh game edukatif mengenal huruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen model nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data memakai instrument observasi dan dokumentasi. Analisis data memakai SPSS 22 dengan uji paired samples test. Subjek penelitian ini dilakukan TK Islam Annur sebanyak 15 anak selaku kelompok eksperimen dan TK IT Paradise sebanyak 15 anak selaku kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan membaca permulaan kelompok eksperimen saat pretest sebesar 48,47 dan posttest sebesar 51,80. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh game edukatif mengenal huruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Maka dapat disimpulkan game edukatif mengenal huruf dapat mempengaruhi kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun.

Author Biographies

Lia Sofiana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Luluk Asmawati, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Fahmi Fahmi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan

Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Fahmi, dkk. (2018). Permasalahan Anak Usia Dini Mengenalkan Membaca Permulaan dan

Membaca Pemahaman di Tingkat PAUD, SD, SMP. Serang : Laksita Indonesia.

Febriani, A. S. (2018). Pengembangan Educative Game Berbasis Aplikasi Android Untuk

Memfasilitasi Keterampilan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, Vol.

, (2), 2018, 187–197.

Frankel, K., Becker, B., Rowe, M., & Pearson, P. D. (2016). From “What Is The Reading?” to

“What Is Literacy?” Journal Of Education, 196, (3), 2016. 7- 17., 7–17.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang :

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handriyantini, E. (2009). Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer Untuk

Siswa Sekolah Dasar. E-Indonesia Initiative, 130–135.

Hayati, S. (2018). Tangkas Fisik-Motorik dengan Permainan Tradisonal. Yogyakarta : Pustaka

Pelajar.

Hasjiandito, A., Adiarti, W., & Wantoro. (2016). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis

PowerPoint Tema Agama di KB-TK Assalamah Ungaran Kabupaten Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 33, (1), 2016, 7–12.

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0.

Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, Vol. 5, (4), 332- 342.

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan

Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan (Revisi). Bandung : PT Refika Aditama.

Joenaedi, E., & Johnny, I. (2016). Metode Penelitian Hukum Normatif dan Empiris. Depok :

Pernada Media Group.

Jumardi, Brian Osmond, A., & Saputra, R. E. (2019). Aplikasi Back End Game Edukasi Berbasis

Web Menggunakan QR Code. E-Proceeding of Engineering, Vol. 6, (1), 2019, 1407–1415.

Kadaruddin. (2016). Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish (CV Budi

Utama).

Lestari, N. G. A. M. Y. (2018). Stimulasi membaca permulaan anak usia dini. Pratama Widya,

Vol. 3, (2), 2018, 1–9.

Muthoharoh, M. (2019). Media Power Point dalam Pembelajaran. Tasyri’, Vol. 26, (1), 2019,

–32.

Nurhidayati. (2019). Media PowerPoint dan Pemanfaatannya dalam Proses Pembelajaran Bahasa

Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V.463-470

Panggayudi, D. S., Suweleh, W., & Ihsan, P. (2017). Media Game Edukasi Berbasis Budaya

Untuk Pembelajaran Pengenalan Bilangan Pada Anak Usia Dini. Journal of Mathematics Education, Science, and Technology, Vol. 2, (2), 2017, 255–266.

Partijem. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flannel Pintar

Kelompok A TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 6, (1), 2017, 83–91.

Peirce, N. (2013). Digital Game-based Learning for Early Childhood A State of the Art Report.

http://www.learnovatecentre.org/wp content/uploads/2013/05/Digital_Gamebased_Learning_for_Early_Childhoo d_Report_FINAL.pdf (diakses pada hari Jumat, 22 Januari 2021 pukul 12.20 WIB).

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Anak,

Vol. 5, (1), 2016, 759–764.

Prasetya, D. D., G.I, W. S., & Patmanthara, S. (2013). Digital Game-Based Learning Untuk

Anak Usia Dini. Tekno, Vol.20, 2013, 45–50.

Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta : CV Andi

Offset.

Rohendi, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Power Point dan Motivasi Belajar Terhadap

Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 3, (1), 2016, 32–41. 72

Rosidah, L. (2016). Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Serang : FKIP UNTIRTA

Publishing.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan

Profesionalisme Abad 21. Bandung : Alfabeta.

Rusman. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Raja

Grafindo Persada.

Salmiati, & Samsuri. (2018). Penerapan Media FlashCard dalam Meningkatkan Kemampuan

Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A PAUD di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Buah Hati, Vol. 5, (2), 2018, 118–126.

Santoso, S. (2017). Statistik Multivariat dengan SPSS. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administratif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metoda Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.

Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.

Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.

Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini : Teori dan Praktik Pembelajaran. Padang : UNP

Press.

Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar dalam Berbagai Aspeknya).

Jakarta : Kencana.

Susipah, Hasani, A., & Asmwati, L. (2016). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui

Pemanfaatan Compact Disk (CD) Interaktif dan Minat Belajar Anak di TK. Jurnal Teknologi Dan Pembelajaran, Vol. 3, (1), 2016, 1–11.

Tamami, R. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Power Point Untuk

Visualisasi Konsep Menggambar Grafik Persamaan Garis Lurus. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, Vol. I, (1), 2014.

Warmansyah, J. (2019). Efektivitas Game PowerPoint dalam Mengembangkan Kemampuan

Matematika Permulaan di TK Asyofa Padang. Ta’dib, Vol. 22, (2), 2019, 105–110.

Zein, R., Dahlia, R., & Tonara, A. D. (2020). Pengaruh Kartu Huruf Bergambar Terhadap

Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bhakti Bunda Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.3, (3), 2020, 1652– 1657.

Zulianingsih, L., Khan, R. I., & Yulianto, D. (2020). Media Putaran Kata Untuk Meningkatkan

Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, Vol. 6, (2), 2020, 115–122.

Downloads

Published

2022-07-03