KORELASI PERAN ORANG TUA TERHADAP PEMERTAHANAN BAHASA SUNDA SEBAGAI BAHASA IBU DI DAERAH KUNINGAN

Authors

  • Ratnawati Ratnawati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Rita Kusumah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Nika Cahyati STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.4387

Keywords:

Peran Orangtua, Pemertahanan bahasa, bahasa Ibu, bahasa Sunda

Abstract

Dampak dari pengaruh perubahan dan perkembangan zaman yang terjadi pada saat ini mengakibatkan keberadaan bahasa Daerah mulai terancam punah. Salah satu diantaranya bahasa Sunda yang ada di daerah Kuningan Jawa Barat. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam mempertahankan bahasa Sunda sebagai bahasa Ibu di daerah Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Secara teoretis, digunakan pendekatan sosiolinguistik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dasar penyadapan dan teknik lanjutan SBLC. Hasil dari penelitian ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi peran orang tua dalam mempertahankan bahasa Sunda sebagai bahasa Ibu diantaranya adalah latar belakang keluarga, pemakaian bahasa yang masih dipakai untuk berkomunikasi sebagai bahasa Ibu, dan pengaruh lingkungan yang sangat baik dalam penggunaan bahasa Sunda yang dipakai untuk melangsungkan komunikasi sehari-hari. Terbukti dari hasil wawancara yang mana meskipun ada beberapa anak yang terlahir dari Ibu yang bukan berbahasa Ibu bahasa Sunda, namun lingkungan yang mengajarkan dan mebiasakan untuk berkomunikasi dengan bahasa Sunda. 

References

Benjamin, R. 1993. The Maintenance of Spanish by Mexicano Children and Its Function in Their School Lives. California: University of California, Berkeley.

Chaer, Abdul. (2002). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjodjo, Soedjono. 2003. Psikolinguistik: Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Fasya, M. dan Zifana, M. 2012. Perkembangan Bahasa Daerah Dalam Konteks Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: UPI.

Halim, Amran (Ed). 1976. Politik Bahasa Nasional. Jilid I. Jakarta: Pusat Bahasa.

Iskandarwassid. 2004. Raksarasa (Antologi Basa Jeung Sastra Sunda Katut Pangajarana). Bandung: Geger Sunten.

Moleong. Lexy. J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, Inom. Dan Suharian. 2020. Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Program Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Visipena, Volemu 11, No 2, Desember 2020.

Suciati. 2017. Peran Orangtua Dalam Pengembanagan Bahasa Anak Usia Dini. Thupula: STAIN Kudus Jawa Tengah-Indonesia, Vol.5, No 2, Juli-Desember 2017.

Sudaryat, Yayat. 2016. Prospek Bahasa Sunda Sebagai Pengantar Di Sekolah (TK, PAUD, dan SD). Makalah Seminar Bahasa Daerah. Bandung, 4-5 Agustus 2016.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian ahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono, Prof. Dr. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sun. L. 2000. First Language Maintenance in Recent Chinese Immigrant Families. Texas: Texas Tech University.

Susanto, Moh. Arif. dan Sandi, Elita Arcelina. 2020. Aktualisasi Bahasa Jawa Youtuber Upaya Pemertahanan Bahasa Jawa Pada Masa Pandemi Covid-19. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 2, No. 1, Hal 45-55.

Tannenbaum, Michal, and Pauline Howie. 2002. “The Association between Language Maintenance and Family Relations: Chinese Immigrant Children in Australia.” Journal of Multilingual and Multicultural Development 23, no. 5 (2002): 408–24.

Zulaeha, Ida. 2017. Srategi Pemertahanan Bahasa Daerah Pada Ranah Pendidikan. Semarang: Jurnal Peradaban Melayu. Jilid 12.

Published

2022-01-01