STRATEGI ASESOR AKREDITASI PAUD DAN UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Rosma Indriana Purba Universitas Pelita Harapan http://orcid.org/0000-0002-5960-3776
  • Poltak Sinaga Universitas Pelita Harapan
  • Evo Harianja Universitas Pelita Harapan
  • Rizaldi Parani Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.4512

Keywords:

Akreditasi PAUD, Asesor, Peningkatan Mutu PAUD

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi strategi asesor akreditasi dalam menjamin mutu pendidikan anak usia dini (PAUD) di wilayah propinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara semi terstruktur dengan 4 (empat) informan yang adalah asesor akreditasi di propinsi Jakarta. Para informan dipilih dan ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Keterbukaan untuk evaluasi diri, kesediaan melengkapi persyaratan akreditasi dan kerjasama antara lembaga dengan asesor akreditasi menjadi kunci keberhasilan akreditasi dan upaya peningkatan mutu di lembaga pendidikan anak usia dini.

Kata Kunci: Akreditasi PAUD, Asesor, Peningkatan Mutu PAUD

Abstract

The purpose of this study is to determine and identify the strategy of accreditation assessors in ensuring the quality of early childhood education in the DKI Jakarta area. This research uses case study qualitative method. Primary data collection using semi-structured interviews with 3 (three) informants who are assessors for accreditation of BAN PAUD  Jakarta province selected and determined using purposive sampling method. Openness for self-evaluation, willingness to complete accreditation requirements and good mutual cooperation between institutions and assessor are the keys to the success of accreditation and ways to improve quality in early childhood education institutions.

Keywords: PAUD Accreditation, Assessor and Quality Improvement of PAUD.  

References

Akingbade, L. O. (2016). Cloud Storage problems, benefits and solutions provided by Data De-duplication. 5(6), 70–77.

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Darling-Churchill, K. E., & Lippman, L. (2016). Early childhood social and emotional development: Advancing the field of measurement.

Journal of Applied Developmental Psychology, 45, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2016.02.002

Fertig, M. (2007). International school accreditation: Between a rock and a hard place? Journal of Research in International Education, 6(3), 333–348. https://doi.org/10.1177/1475240907083199

Hägglund, S., & Samuelsson, I. P. (2009). Early childhood education and learning for sustainable development and citizenship. International Journal of Early Childhood, 41(2), 49–63. https://doi.org/10.1007/BF03168878

Indriana Purba, R., Putri, R. S., Purwanto, A., Yanthy, E., Setiawan, S. T., & Pramono, R. (2020). Developing Social and Emotional Skills Through Character Education in Late Early Childhoods in An SPK School. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(6), 5266–5278.

Jenderal, D., & Tinggi, P. (2013). KEMENTERlAN PENDIDIKAN DAN KEBUDA Y AAN. 021, 57946053.

Marjuki, M., Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2018). Pengembangan model akreditasi sekolah menengah atas /madrasah aliyah (SMA/MA). Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 105. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.9860

Masyarakat, J. P. (n.d.). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidkan www.trilogi.ac.id. 12–20.

Mohd Ishak, N., & Abu Bakar, A. Y. (2014). Developing Sampling Frame for Case Study: Challenges and Conditions. World Journal of Education, 4(3), 29–35. https://doi.org/10.5430/wje.v4n3p29

Nisa, N. K. (2017). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. 14–14. https://news.ddtc.co.id/strategi-pendidikan-pajak-untuk-anak-usia-dini-11555

Paper, W., Guzman, K. C., Oktarina, N., & Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008). Economic Education Analysis Journal, 7(1), 335–336.

PNF, B. P. dan. (2019). kebijakan dan mekanisme akreditasi PAUDdan PNF tahun 2019.

Https://Banpaudpnf.Kemdikbud.Go.Id/Upload/Download-Center/Kebijakan%20dan%20Mekanisme%20Akreditasi%20BAN%20PAUD%20DAN%20PN_1553764520.Pdf.

Suryana, A. (2005). Akreditasi, Sertifikasi Dan Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 3(2), 1–14.

UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. (2003). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. In Demographic Research (Vol. 49, Issue 0).

Wattanasap, S., & Shawyun, T. (2019). Accreditation: Through the Lens of Assessors. JIRSEA Issue, 17(1), 159–189. http://eds.a.ebscohost.com/eds/pdfviewer/pdfviewer?vid=3&sid=ad769e30-cb5f-48dd-b5c5-aca2d8210e3c%40sdc-v-sessmgr01

Published

2022-07-03