Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Di TK Muslimat NU 12 Mambaul Ulum Bedanten

Authors

  • Ziadatun Ni'mah UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Mukhoiyaroh Mukhoiyaroh UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Fatmawati Fatmawati UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Keywords:

Kata kunci, Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT), Hubungan Sosial AUD

Abstract

Abstrak

Kebijakan pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid-19 dilaksanakan secara terbatas dengan menyesuaikan wilayah masing-masing. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dalam panduan penyelenggaraan tatap muka dimasa pandemi Covid-19 mulai dari jenjang PAUD hingga Pendidikan tinggi diterapkan sejak juli 2021 melalui putusan menteri pendidikan dan kebudayaan, menteri kesehatan, menteri agama dan menteri dalam negeri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeksripsikan bagaimana keterampilan sosial anak dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara terbatas pada di TK Muslimat NU 12 Mambaul Ulum Bedanten Gresik, mengingat selama pembelajaran jarak jauh anak kurang adanya interaksi sosial sesama teman sebayanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menggambarkan kenyataan di lapangan, melalui data-data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial yang dimiliki anak berkembang optimal berupa dapat menunjukkan sikap kerjasama dalam pembelajaran, dapat menunjukkan sikap adaptif atau penyesuaian dirinya dengan lingkungan sekitar seperti menyesuaikan dirinya dengan kelompom sift yang ditentukan sekolah. Adapun dampak PTM terbatas yaitu kurangnya bermain anak sebab terbatasnya alokasi waktu pembelajaran serta pergantian kelompok sift.

Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT), Hubungan Sosial AUD

References

Email, K., Prof, J., Tawar, A., Kec, B., Utara, P., Padang, K., & Barat, S. (2021). Early Childhood : Jurnal Pendidikan TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BALAI TALANG , Akibat adanya Pandemi Covid-19. 5(1), 32–44.

Meriana, T., Tambunan, W., Magister, D., & Indonesia, J. (2021). EVALUASI PERSIAPAN SEKOLAH TATAP MUKA. 10(01), 1–12.

Ode, L., Aswat, H., Sari, E. R., Meliza, N., Buton, U. M., Ode, L., Aswat, H., & Meliza, N. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research & Learning in Education Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ( TMT ) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar Abstrak Eka Rosmitha Sari , Nur Meliza ISSN 2656-8071 ( Media Online ) Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3 No 6 Tahun 2021

Pembelajaran, P., Muka, T., Al-furqon, C. G. P., Suryani, A., Utami, F. B., Mulyaningsih, E., & Farida, I. (2021). S u r y a a b d i m a s. 5(4), 450–458.

Puspa, S., Rachman, D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini.

Sistiarini, R. D., Ishaq, M., Ilmu, F., Universitas, P., Malang, N., Indonesia, M., & Serikat, A. (2020). Kajian Konseptual PTM Terbatas dengan PJJ di Lembaga PAUD. 19(Ri), 73–84.

Supriyanto, A., Rozaq, J. A., Santosa, A. B., & Listiyono, H. (2021). Uji Coba Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Masa Normal Baru PAUD “ Tunas Bangsa ” Semarang. 6(3), 753–763.

Suud, F. M., Yogyakarta, U. M., Islam, P., & Pendidikan, P. (2017). Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Volume 6, Nomor 2, Desember 2017 227. 6, 227–253.

Vayrynen, S., dkk. 2016. Finnish and Russian teachers supporting the development of social skills. European Journal of Teacher Education, 1 : 1-16.

Downloads

Published

2022-07-03