Pengembangan Kamus Bergambar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Model ADDIE

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.4590

Keywords:

ADDIE, Kemampuan Kognitif, Media Pembelajaran

Abstract

Perkembangan kognitif anak dan perkembangan bahasa sangat erat hubungannya. Bahasa memegang peranan yang sangat penting dalam proses berpikir anak usia dini. Dengan mempelajari berbagai macam Bahasa akan melatih konsentrasi dan fleksibilitas kognitif anak. Pembelajaran Bahasa asing untuk anak-anak dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat membantu keefektifan dan ketersampaian isi serta pesan pembelajaran pada proses pembelajaran anak usia dini. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Bahasa Inggris sehingga kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini hanya mengkaji pengembahan sampai tahap Development dengan hasil terciptanya produk kamus bergambah Bahasa Inggris untuk anak usia dini

Author Biography

Baiq Desi Dwi Arianti, Universitas Hamzanwadi

References

Arianti, B. D. D., & Wirasasmita, R. H. (2020, May). WILMO (Web-based Interactive Learning Module), E-learning Design for Vocational School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1539, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.

Arianti, B. D. D., Fathoni, A., & Hamdi, A. (2018). The Development of Android-based Digital Dictionary for Sasak Language using String Matching Method.

Arianti, B. D. D., Kuswanto, H., Januari, H. A., & Jamaluddin, J. (2021, April). The design of a letter archiving application using the Model View Controller (MVC) concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1869, No. 1, p. 012083). IOP Publishing.

Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Hartanto, F., Selina, H., Zuhriah, H., & Fitra, S. (2016). Pengaruh perkembangan bahasa terhadap perkembangan kognitif anak usia 1-3 tahun. Sari Pediatri, 12(6), 386-90.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62-69.

Kusumastuti, N., Putri, V. L., & Wijayanti, A. (2021). Pengembangan Media Frueelin Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(01), 155-163.

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 42-50.

Pransiska, R. (2018). Kajian Program Bilingual Terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 10(2), 167-178.

Sa’ida, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 16-22.

Widyastuti, A. (2018). Analisis upaya guru dalam mengembangkan bahasa pada anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Assaadah Limo Depok. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 6(1), 10-17.

Yulistina, D., & Arianti, B. D. D. (2019). E-Katalog Sebagai Sistem Informasi Pemasaran Kopi Sapit Berbasis Web. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 45-52.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.

Downloads

Published

2021-12-31