PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI KEGIATAN BERMAIN GAWAI PADA ANAK

Authors

  • Nur Istiana Makarau Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Suyadi Suyadi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.4610

Keywords:

peran orang tua, bermain gawai, anak

Abstract

Kegiatan bermain gawai pada anak di Desa Koyoan Permai RT/RW 008/004 telah menjadi salah satu rutinitas anak dalam dunia bermainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi kegiatan bermain gawai pada anak akan membentuk perilaku dan proses bermain yang dapat mengembangkan potensi pada anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, adapun pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan beberapa referensi yang berasal dari artikel jurnal, e-book, dan buku. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam mendampingi kegiatan bermain gawai yakni anak antusias dari apa yang dilihat dan didengar, orang tua melakukan interaksi yang bersifat membangun minat dan memotivasi anak, sedangkan anak yang tidak didampingi oleh orang tua cenderung pasif. Pentingnya hasil penelitian sebagai informasi tentang pentingnya peran orang tua dalam mendampingi kegiatan bermain gawai pada anak dan hendaknya menyediakan informasi atau permainan yang ada pada gawai sesuai dengan tahap perkembangan.

Kata kunci

References

Agustina, M. R., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2146–2157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1160

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media.

Fitria, R. A. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Tangram dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri di TK Qurrota A’yun Ponorogo. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.83

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (5th ed.). Erlangga.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI press.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). Jakarta: Indeks.

Najwa, N. (2021). Pola Asuh Orangtua dalam Mengantisipasi Dampak Penggunaan Gadget di Masa Pandemi Covid-19. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 79–92.

Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children’s Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520

Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117.

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75

Renawati, R., & Na’imah Na’imah. (2021). Implementasi Pembelajaran Sentra Bermain Peran Era Covid 19. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 167–171. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.116

Renawati, R., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19 melalui Alat Permainan Edukatif Papan Pintar dari Kulit Kerang. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.92

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Qawwam, 14(1), 29–50. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/qawwam.v14i1.2310

Rohmah, N. (2016). Bermain dan pemanfaatannya dalam perkembangan anak usia dini. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). https://doi.org/https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.590

Setianingsih, Ardani, A. W., & Khayati, F. N. (2018, August 2). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DAPAT MENINGKATAN RESIKO GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS |. GASTER. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Sofyan, I. (2019). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485

Suyadi. (2016). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Wijaya, A. S., & Nugroho, N. (2021). Dampak Gawai terhadap Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 103–114.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Yulianingsih, W., Susilo, H., Nugroho, R., & Soedjarwo. (2020). Optimizing Golden Age Through Parenting in Saqo Kindegarten. Proceedings of the 1st International Conference on Lifelong Learning and Education for Sustainability (ICLLES 2019), 187–191. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200217.039

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656

Downloads

Published

2022-07-03