Analisis Konten Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Di TK At Taqwa Ngawi

Authors

Keywords:

Pembelajaran Daring, Peran Orang Tua, Anak Usia Dini

Abstract

Pembelajaran daring pada anak usia dini dipandang sebagai model pembelajaran yang realistis ketika diimplementasikan di masa pandemi. Hal ini merupakan wujud konkrit dari bentuk pelaksanaan kebijakan Surat Keputusan Bersama Empat Menteri Nomor 23425/A5/aK.Ol.04/2021 yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran dapat dilakukan melalui tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan atau pembelajaran jarak jauh. Meskipun telah berjalan dengan beragam kekurangan sebagai bentuk adaptasi, namun ditemukan fenomena tentang adanya bentuk peranaan orang tua dalam pembelajaran daring PAUD. Temuan ini dapat dilihat dari hasil pengamatan penelitian yang dilakukan di TK At Taqwa Ngawi dengan mencermati proses pembelajaran daring yang dilakukan di sekolah tersebut. Secara teknis penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan teknik analisis konten. Data-data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi serta observasi yang terjadi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa orangtua memiliki peranan sentral dalam terselenggaranya proses pembelajaran daring PAUD. Peran ini dapat dilihat dari beberapa temuan lapangan seperti 1) peranan dalam mengulang demonstrasi yang dilakukan orang guru, 2) membantu anak saat sulit melakukan tugas perkembangan, 3) memperjelas petunjuk teknis proses pembelajaran, dan 4) memperbaiki koneksi sambungan internet untuk kelancaran proses daring.

Author Biographies

Arwendis Wijayanti, STKIP Modern Ngawi

PG PAUD

Octavian Dwi Tanto, STKIP Modern Ngawii

PG PAUD STKIP Modern Ngawi

Narendradewi Kusumastuti, STKIP Modern Ngawi

PG PAUD

References

Amsari, D. (2018). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.49

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Bandura, A. (1969). Principles of Behavior Modification (R. & W. Holt (ed.); 1st ed.).

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Despa Ayuni F, Tria Marini, Mohammad Fauziddin, Y. P. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Fani, T., & Ghaemi, F. (2011). Implications of Vygotsky’s zone of proximal development (ZPD) in teacher education: ZPTD and self-scaffolding. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29(Iceepsy), 1549–1554. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.396

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lupi, F. R., & Nurdin. (2016). Analisis strategi pemasaran dan penjualan. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 20–31. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=sistem+informasi+tokopedia&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DFOIp4XFZZFIJ

Munna, Z. N., Wijayanti, A., & Tanto, O. D. (2022). Peran Pola Komunikasi Orang Tua terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia 4-5 di Masa New Normal. 6(1), 401–409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1334

Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.886

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Seriwati, G. (2020). Kajian Pembelajaran Daring Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. E-Prosiding Pascasarjana Universitas, September, 97–100. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/viewFile/354/318

Tanto, O. D. (2021). Pembentukan Kelekatan Aman Orangtua Pada Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Daring. Journal of Childhood Education, 5(1), 130–146. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.503

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Valeza, A. R. (2017). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak Di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan tanjung senang bandar lampung. In Skripsi.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Downloads

Published

2022-07-03