METODE SHIFTING PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI TK B PERMATA HATI JAJAR
Abstract
Metode Shifting merupakan metode yang dilakukan di TK B Permata Hati Jajar saat pandemi berlangsung, metode ini yaitu pembagian waktu kerja oleh guru-guru saat mengajar dengan langsung bertatap muka dengan anak di sekolah, karena sistem metode shifting ini dinilai lebih efektif dan efisien dibanding dengan metode daring maupun blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang dilakukan di TK B Permata Hati Jajar. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas B TK Permata Hati, Jajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan guru kelas B untuk mengetahui strategi yang digunakan saat pembelajaran di kelas. Observasi dilakukan dengan pengamatan dan pencatatan yang terjadi ada saat pembelajaran. reduksi data yaitu dengan menyimpulkan data, penyajian data, pengambilan keputusan. Tujuan : strategi atau metode pelaksanaan pembelajaran. hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil Penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran yaitu guru mengelola kelas dengan menyediakan tempat belajar anak dengan menerapkan protokol kesehatan kegiatan pembelajaran dilakukan selama 2 jam. Faktor penghambat pembelajaran yaitu pada saat awal pandemi guru harus mengajar dengan kombinasi antara daring dan luring sehingga guru menerapkan metode shiftingReferences
Amalia, H. (2016). Implmentasi Home Visit dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di SDIT al-Azhar Kediri. Didaktika Religia, 4(1), 77–106.
Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informasi Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346.
Asumni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Peedagogy, 7(4), 281.
Budianti, A. (2020). Implementasi Kunjungan Rumah Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi. Comhar, 29(9), 18.
Eriani, E, & Amiliya, R. (2021). Blended Learning: Kombinasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan, 3(1), 11–21.
Fadhillah, A. N. (2021). Peran Guru Pada Proses Pembelajaran Luring Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Tk Islam Perkemas Bandar Lampung. Jurnal Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Firdaus, F. (2020). Implementasi Dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 220–225.
Fitriyani, T., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Masa Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., &Kuswanto, H. (2020). PembelajaranPada Masa Pandemi Covid-19. JTP - JurnalTeknologiPendidikan, 22(1), 65–70.
Handayani, F. F., Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring bagi Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 103–116. https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.358
Handayani, F. F., Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring bagi Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 103–116. https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.358
Kristina, M., Sari, R. N., &Nagara, E. S. (2020). Model PelaksanaanPembelajaran Daring Pada Masa PandemiCovid 19 Di Provinsi Lampung. Idaarah: JurnalManajemenPendidikan, 4(2), 200
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). AnalisisEfektivitasPelaksanaanBelajar Dari Rumah (Bdr) SelamaPandemi Covid-19. Jurnal Review PendidikanDasar: JurnalKajianPendidikan Dan HasilPenelitian, 6(3), 1–8.
Lutfiyah, L., &Roviati, E. (2020). PendampinganBelajar Di RumahSelama Masa Pandemi Covid-19. Dimasejati: JurnalPengabdianKepadaMasyarakat, 2(2), 181.
Malyana, A. (2020). PelaksanaanPembelajaran Daring Dan Luring DenganMetodeBimbinganBerkelanjutanPada Guru SekolahDasar Di TelukBetung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: JurnalIlmiahPendidikanDasar Indonesia, 2(1), 67–76.
Mokodompit, I. S. (2020). Home Visit sebagaiRefleksiKurikulumDarurat Covid-19 :Kesiapan Guru , ResponSiswa , MateridanHasilBelajar di Madrasah TsanawiyahPendahuluanPeraturanMenteri Agama Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2015 TentangPenyelenggaraanPendidikan Madrasah , 6(2), 119–131
Nengrum, T. A., Pettasolong, N., &Nuriman, M. (2021). KelebihandanKekuranganPembelajaran Luring danDaringdalamPencapaianKompetensiDasarKurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. JurnalPendidikan, 30(1), 1–12.
Nissa, S. F., &Haryanto, A. (2020). ImplementasiPembelajaranTatapMuka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402.
Pane, A. (2017). BelajardanPembelajaranAprida Pane Muhammad DarwisDasopang. Fitrah, 3(2), 333–352.
PeraturanMentriPendidikanNasionalRepublik Indonesia No. 58 Tahun 2009 TentangStandarPendidikanAnakUsia Dini.
Prasetyaningtyas, S. (2021). PelaksanaanBelajardariRumah (BDR) Secara Online SelamaDarurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. JurnalKaryaIlmiah Guru, 5(1), 86–94.
Pratama, R. E., &Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring danLuringpada Masa Pandemi Covid-19. GagasanPendidikan Indonesia, 1(2), 49.
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., &Firmansyah, M. (2020). EfektifitasPembelajaranJarakJauhTerhadapPembelajaranSiswa di SDIT CendekiaPurwakarta. JurnalPendidikanDasar, 11(1), 94–101.
Putria, H., Maula, L. H., &Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses PembelajarandalamJaringan (DARING) Masa PandemiCovid- 19 Pada Guru SekolahDasar. JurnalBasicedu, 4(4), 861–870.
Rosali, E. S. (2020). AktifitasPembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di JurusanPendidikanGeografiUniversitasSiliwangiTasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30.
Sadikin, A., &Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119.
Syamsuardi, H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaranpada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 2(5), 1–7.
Wulandari, D. A., &Muzakki, J. A. (2018). ImplementasiPendekatanMetode Montessori Dalam, Vol. 4, No, 1–19.
Yuniatari. (2020). Implementasi Model PembelajaranKelompok ,Sudut , Area , dan Sentra dalamPembelajaranAnakUsia Dini. Islamic EduKids: JurnalPendidikanAnakUsia Dini, 2(2), 35–57.
Buku :
Suyadi, Ulfa Maulidya. 2012.Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta : PT Remaja Rosdakarya
Astuti, Wili. 2018.Bermain dan Kecerdasan Anak. Kartasura : Muhammadiyah University Press
Sillaturohmah, Nur H., LC. 2021. Rumahku sekolah Terbaikku. Cara Cerdas dan Praktis Mendidik Anak A-Z dalam Al-Qur’an. Soloraya : Qaaf Kreasi Media
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ