TANTANGAN GURU DAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA MASA PANDEMI DI TAMAN KANAK-KANAK RUHAMA’ KELURAHAN CUPAK TANGAH

Authors

  • Ramah Fitri Yani PG-PAUD UNP
  • Sri Hartati

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.5093

Keywords:

Tantangan guru dan orang tua, belajar dari rumah, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi terdapatnya tantangan atau kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh  guru dan orang tua dalam menjalankan kegiatan belajar dari rumah (BDR) dengan pendekatan menggunakan pembelajaran daring (dalam jaringan) di Taman Kanak-kanak Ruhama’ Kelurahan Cupak Tangah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “  Tantangan Guru dan Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Masa Pandemi Di Taman Kanak-kanak Ruhama’ Kelurahan Cupak Tangah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Korelasi Pearson, populasi dari penelitian ini meliputi seluruh guru Taman Kanak-kanak Ruhama’ di Kelurahan Cupak Tangah yang berjumlah 5 orang dan orang tua yang berjumlah 30 orang. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yakni berjumlah sama yaitu sebanyak 30 orang yang diambil  dengan menggunakan teknik nonprobability  sampel. Instrument penelitian ini ialah angket model skala likert yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta hasilnya valid dan reliable. Analisis data penelitian ini diperoleh melalui hasil kuesioner dengan analisis deskriptif menggunakan persentase.Berdasarkan analisis data diperoleh tantangan guru taman kanak-kanak ruhama’dilihat dari indikator perencanaan pembelajaran sebanyak 58% ,menjawab sering (SR), pelaksanaan pembelajaran 57% menjawab sering (SR) serta penilaian pembelajaran 62% memilih alternatif sering (SR), Dan tantangan otang tua dilihat dari indikator pelaksanaannya terdapat 77% menjawab sering (SR). Maka dikategorikan tinggi tantangan yang dialami guru dan orang tua saat belajar dari rumah (BDR.

References

Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Sanjaya, Winna. (2008) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidikan. Jakarta: Kencana Prenanda Media Grouf.

Khayya, K. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Pengenalan Kecerdasan Naturalis Pada Anak (Studi Deskriptif di PAUD Alam Ar-Ridho Semarang).

Kemendikbud. 2014. Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Saridewi, D. P., & Dewanti, P. (2019). Application of Learning Materials Design for Hindu Religious Subject in Special Education.

Rudiarta, I. W. (2020). Implikasi Latihan Yoga Asana Bagi Pembentukan Karakter Siswa Di Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung. Jurnal Penelitian Agama Hindu.

Arini, N.M. (2019). Swadharma grishastha asrama on educating children toward Hindu families. Internasional Journal of Social Sciences and Humanitis

Putria, H, Maula, L. h., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.Biodik.

Astuti, Isti Yuli & harun. 2020. Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta, Indonesia.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alpabeta. Buku

Wiwin , Suhanadji & dkk , 2021. Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta, Indonesia.

Downloads

Published

2022-07-03