Pelaksanaan Stimulasi Motorik Kasar Melalui Gerak Dasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak- Kanak Islam Shabrina Kota Padang

Authors

  • Aliza Qonita Zulaida PG-PAUD FIP Universitas Negeri Padang
  • Saridewi Saridewi

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.5280

Keywords:

Kata Kunci, Stimuasi, Motorik Kasar melalui gerak dasar, anak usia dini

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan guna melihat untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan yang dilakukan guru dalam menstimulasi motorik kasar melalui gerak dasar anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Islam Shabrina Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah anak Taman Kanak-kanak Islam Shabrina Kota Padang. Informan penelitian ini adalah guru kelas Taman Kanak-kanak Islam Shabrina Kota Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data  dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan berupa teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan stimulasi motorik kasar melalui gerak dasar anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Islam Shabrina Kota Padang sudahmaksimal. Pertama, terlihat dari perencanaan yang dilakukan guru dengan merancang Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Harian (RPPH). Dapat disimpulkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan guru dapat menstimulasi motorik kasar melalui gerak dasar anak terlihat dengan kegiatan melempar bola ke keranjang, memindahkan bola ke keranjang satunya, melompat dengan tali di tinggi 30/40 cm dan jalan santai dapat mengeksplorasi diri anak dan mempermudah guru dalam meransang keterampilan gerak dasar pada anak untuk motorik kasar anak.

References

Amiran, Salmon 2016. Efektivitas PenggBermain Di PAUD Nazareth Oesapa. Jurnal Pendidikan Anak, Vol 5, Edisi 1 Juni 2016.

Riswandi, Fitta Nurisma. 2021. Peningkatan Kemampuan Motorik Motorik Kasar Melalui Pengembangan Model Permainan Sirkuit Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Truyono : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol 8, Nomor 1, April 2021.

Setiani, R.E 2013.Memahami Pada Perkembangan Fisik Motorik Pada Anak Usia Dini. Insania, 464-465.

Setiawan, Johan & Anggito Albi.(2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Diambil dari:

Suryana, Dadan, 2016. Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek perkembangan Anak). Padang : UNP Press.

Susanto, A. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Bumi Aksara.

Wiyani, Novan Ardy. 2020. Dasar-Dasar Manajemen PAUD. Yogyakarta : Arruzz Media.

Yuliani, Khojir dan Muhajidah. 2020. Peningkatan motorik kasar anak melalui bermain melempar dan menangkap bola menggunakan metode Demonstrasi. Jurnal SIJOPE Vol 1, No 1, Agustus 2021.

Published

2022-12-31