Efektivitas Permainan Galah Modifikasi Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Di Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Pancung Soal

Authors

  • Atikah Rahmi PG PAUD FIP UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Saridewi Saridewi UNP Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan fisik yang prima pada anak yang belum berkembang secara optimal. Kegiatan untuk mengembangkan motoric kasar anak kurang beragam dan sering berulang-ulang, sehingga anak merasa bosan. Penelitian ini bertujuan un uk mengetahui pengaruh  modifikasi permainan galah terhadap motorik kasar anak pada Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Pancung Soal. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk quasy eksperiment dengan jenis non-ekuivalen. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan menggunakan teknik tcluster sampling atau teknik sampling area. Kelas.eksperimen ada di kelas B2 dengan permainan galah yang dimodifikasi dan kelas kontrol di kelas B3 dengan permainan pindah bola. Dalam penelitian ini, teknik analisis yang digunakan adalah uji homogenitas, uji hipotesis, uji. pengaruh. Dalam pengujian tersebut, hasil uji hipotesis dapat diperoleh. thitung > ttabel, .dimana 5,15463 > 2,10092, ditunjukkan pada taraf signifikansi 0,05 ini. berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan motoric kasar anak kelas eksperimen meningkatkan motoric kasar anak dengan permainan galah modifikasi dibandingkan dengan kelas control motorik kasar dengan permainan pindah bola.

 

kata kunci : Permainan Galah Modifikasi, Motorik Kasar.

 

References

Bakhtiar, S. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak.

Hurlock, (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga Press

Husdarta, H. J. (2010). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Alfabeta.

Rudiyanto, A. (2016). Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Anak Usia Dini.

Setyawan, & Dkk. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Surakarta. Volume 5 N.

Suryana, D. (2016). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuniarti, & Waslia. (2015). Pengaruh Terapi Bermain (Melompat Tali Dan Meronce Manik-Manik) Terhadap Perkembangan Motorik Pada Siswa Di Paud Fajar Purnama Mandiri Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi

Published

2022-12-31