KEMITRAAN ORANG TUA DENGAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM MENGENALI KARAKTER ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Yulian Agus Suminar Pendidikan Luar Biasa-Universitas PGRI Yogyakarta
  • Titik Mulat Widyastuti PG PAUD Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.5526

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemitraan orangtua dengan lembaga pendidikan dalam mengenali karakter anak usia dini berkebutuhan khusus di KB TK Surya Marta Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah orangtua dan lembaga pendidikan. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis dari  Miles dan Huberman dengan tiga tahapan sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun metode pengumpulan data menggunakan studi dokumen, wawancara, diskusi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemitraan orangtua dengan lembaga pendidikan sangat diperlukan untuk mengenali karakter  anak usia dini berkebutuhan khusus. Bentuk kerjasama lembaga pendidikan dan orangtua dalam mengenali karakter anak usia dini kebutuhan khusus antara lain 1). Melaksanakan deteksi dini terhadap peserta didik, 2). Melaksanakan kelas pertemuan orangtua, 3). Melaksanakan hari konsultasi orangtua, 4). Melakukan Kerjasama dengan psikolog/terapis apabila diperlukan.

 

Kata Kunci: Kemitraan orangtua, Lembaga Penddikan, Karakter anak usia dini berkebutuhan khusus

Published

2022-07-03