KEMITRAAN ORANG TUA DENGAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM MENGENALI KARAKTER ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemitraan orangtua dengan lembaga pendidikan dalam mengenali karakter anak usia dini berkebutuhan khusus di KB TK Surya Marta Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah orangtua dan lembaga pendidikan. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis dari Miles dan Huberman dengan tiga tahapan sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun metode pengumpulan data menggunakan studi dokumen, wawancara, diskusi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemitraan orangtua dengan lembaga pendidikan sangat diperlukan untuk mengenali karakter anak usia dini berkebutuhan khusus. Bentuk kerjasama lembaga pendidikan dan orangtua dalam mengenali karakter anak usia dini kebutuhan khusus antara lain 1). Melaksanakan deteksi dini terhadap peserta didik, 2). Melaksanakan kelas pertemuan orangtua, 3). Melaksanakan hari konsultasi orangtua, 4). Melakukan Kerjasama dengan psikolog/terapis apabila diperlukan.
Kata Kunci: Kemitraan orangtua, Lembaga Penddikan, Karakter anak usia dini berkebutuhan khusus
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ