EFEKTIFITAS PSIKOEDUKASI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi orang tua terhadap motivasi dan kedisiplinan belajar anak. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian preksperimental, dengan one group pretest-postest design.[1] Sampel penelitian orang tua dan anak usia dini yang berjumlah 25 orang. Responden diukur tingkat pengetahuan orangtua tentang pentingnya pendidikan anak selanjutnya diberikan intervensi psikoedukasi kemudian diukur kembali tingkat pengetahuan tentang pentingnya pendidikan anak. Pengumpulan data penelitian melalui kuesioner motivasi belajar dan kedisiplinanbelajar anak.Hasil analisis menunjukkan bahwa psikoedukasi orangtua efektif meningkatkan motivasi belajar anak dengan nilai nilai t sebesar -8.035 dengan sig (2 tailed) 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara nilai pre test dan post test dan oleh karena nilai t yang ditemukan negative maka hal ini menunjukkan bahwa nilai post-test lebih baik dari pada nilai pre-test. Psikoedukasi orangtua efektif meningkatkan kedisiplinan belajar anak dengan nilai t diperoleh sebesar -8.135 dengan p sebesar 0,000. Berdasarkan nilai p<0,05, maka psiko edukasi orang tua efektif meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.
Kata kunci : Psikoedukasi orangtua, Kedisiplinan, Motivasi belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ