EFEKTIFITAS PSIKOEDUKASI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK USIA DINI

Authors

  • titik mulat widyastuti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Yulian Agus Yuminar Universitas PGRI Yogyakarta
  • Kintoko Kintoko Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.5527

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi orang tua terhadap motivasi dan kedisiplinan belajar anak. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian preksperimental, dengan one group pretest-postest design.[1] Sampel penelitian orang tua dan anak usia dini yang berjumlah 25 orang. Responden diukur tingkat pengetahuan orangtua tentang pentingnya pendidikan anak selanjutnya diberikan intervensi psikoedukasi kemudian diukur kembali tingkat pengetahuan tentang pentingnya pendidikan anak. Pengumpulan data penelitian melalui kuesioner motivasi belajar dan kedisiplinanbelajar anak.Hasil analisis menunjukkan bahwa psikoedukasi orangtua efektif meningkatkan motivasi belajar anak dengan nilai nilai t sebesar -8.035 dengan sig (2 tailed)  0,000. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara nilai pre test dan post test dan oleh karena nilai t yang ditemukan negative maka hal ini menunjukkan bahwa nilai post-test lebih baik dari pada nilai pre-test. Psikoedukasi orangtua efektif meningkatkan kedisiplinan belajar anak dengan nilai t diperoleh sebesar -8.135 dengan p sebesar 0,000. Berdasarkan nilai p<0,05, maka psiko edukasi orang tua efektif meningkatkan    kedisiplinan belajar siswa.

 

 

Kata kunci : Psikoedukasi orangtua, Kedisiplinan, Motivasi belajar

Downloads

Published

2022-07-03