Hubungan Pola Asuh Demokratis Dan Perkembangan Kecerdasan Sosial Emosional Terhadap Semangat Belajar Anak Usia Dini.
Abstract
Abstrak
Pola asuh orang tua menjadi faktor penentu bagi anak, apakah anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik atau tidak. Orang tua dituntut harus mengetahui cara pola asuh anak dengan baik dan benar, agar dapat menghasilkan anak yang berkualitas di masa depan. Pola asuh yang diterapkan setiap orangtua pun berbeda karena banyak sekali macam pola asuh yang salah satunya adalah pola asuh demokratis, Pola asuh demokratis akan senantiasa memperhatikan semangat belajar anak. Orangtua bersedia mendengar keluhan anak berkaitan dengan kesulitannya dalam belajar dan memberikan solusi agar anak dapat meraih prestasi belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dan perkembangan kecerdasan sosial emosional terhadap semangat belajar anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Kesimpulan peneltian ini adalah semangat belajar sangatlah penting dalam proses belajar mengajar untuk mencapai prestasi belajar anak yang dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu pola asuh demokratis yang dapat menberikan pengaruh pada kecerdasan social emosional anak.
Kata kunci : Pola Asuh Demokratis, Perkembangan Kecerdasan Sosial Emosional, Semangat Belajar Anak Usia Dini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ