Hubungan Pola Asuh Demokratis Dan Perkembangan Kecerdasan Sosial Emosional Terhadap Semangat Belajar Anak Usia Dini.

Authors

  • Fitri Ayu Fatmawati

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.5666

Abstract

Abstrak

Pola asuh orang tua menjadi faktor penentu bagi anak, apakah anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik atau tidak. Orang tua dituntut harus mengetahui cara pola asuh anak dengan baik dan benar, agar dapat menghasilkan anak yang berkualitas di masa depan. Pola asuh yang diterapkan setiap orangtua pun berbeda karena banyak sekali macam pola asuh yang salah satunya adalah pola asuh demokratis, Pola asuh demokratis akan senantiasa memperhatikan semangat belajar anak. Orangtua bersedia mendengar keluhan anak berkaitan dengan kesulitannya dalam belajar dan memberikan solusi agar anak dapat meraih prestasi belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dan perkembangan kecerdasan sosial emosional terhadap semangat belajar anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Kesimpulan peneltian ini adalah semangat belajar sangatlah penting dalam proses belajar mengajar untuk mencapai prestasi belajar anak yang dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu pola asuh demokratis yang dapat menberikan pengaruh pada kecerdasan social emosional anak.

Kata kunci : Pola Asuh Demokratis, Perkembangan Kecerdasan Sosial Emosional, Semangat Belajar Anak Usia Dini.

Downloads

Published

2022-07-03