Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka 1 Sampai 20 Melalui Permainan Bendera Pintar Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Riska Aprilianti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya meningkatkan kognitif anak dalam kemampuan membilang angka 1-20 pada anak usia 5-6 tahun di TK Bina Insan Mandiri. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah permainan bendera pintar pintar untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membilang angka1-20. Kemampuan tersebut menjadi dasar indikator kurikulm yang harus dikenalkan pada anak, tetapi pengenalan harus bersifat menyenangkan bagi anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan penggunaan tiga siklus. Hasil peningkatan dalam penelitian ini menujukan pencapaian meleihi 71% sehingga penelitian ini tidak dilajutkan pada siklus selajutnya. Pada pelaksanaan kegiatan permaianan bendera pintar untuk meningkatkan kemapuan membilang pada anak kelomopok B TK Bina Insan Mandiri. Anak terlihat sangat antusias khusunya ketika guru lebih kreatif lagi dalam mengembangkan kegiatannya dengan menggunakan nyanyian dan permainan. Dengan membuat anak merasa senang dalam kegiatan, mempermudah guru dalam meningkatkan kemampuan membilang 1-20. Media bendera pintar dapat dirubah kedalam kegiatan permainan apapun sehingga lebih efesieb dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Hasil menujukan adanya peningkatan pada siklus ke I sebesar 85%, siklus ke II 84,23%, dan Siklus ke III 90%. Penikatan tersebut menandakan bahwa siswa kelompok B TK Bina Insan Mandiri dalam kemampuan membilang 1-20 dapat dikembangkan dengan kegiatan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan anak, yang dapat melibatkan kognitif, motorik dan bahasa menjadi kesatuan dalam sebuah permainan bendera pintar.

Keywords


anak usia dini;membilang angka; permainan bendera pintar,

References


Abidin, Yunus.(2009). Bermain, Pengantar bagi Penerapan Pendekatan Beyond. Centers and Circle Time (BCCT dalam Dimensi PAUD).Bandung:RIZQI. Press.

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

A.Suhaenah Suparno.(2001). Membangun Kompetensi Belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Chalidah Siti, Ellah. (2005). Terapi Permainan Bagi Anak Yang Memerlukan layanan Pendidikan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ernawulan Syaodih. (2005). Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Hurlock, Elizabeth .B. (1994). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta. Erlangga.

Lestari, K.W. (2011). Konsep Matematika.Jakarta: Departemen Pendidikan danKebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Nunik Sulistiani, 2014. Meningkatkan Kemampuan Membilang 1-10 Melalui Metode Bermain Kartu Angka Pada Anak KelompokA3 TK ABA Ketanggungan Yogyakarta.Skripsi diterbitkan.

Slamet Suyanto.(2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Hikayat Publishing.




DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Golden Age

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats