PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melihat pengaruh bahan ajar kartu huruf pada anak usia 5-6 tahun. Model pengembangan yang digunakan adalah Tipe Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi 6 tahapan. Subjek uji coba lapangan awal berjumlah 6 orang anak dan pada uji lapangan berjumlah 15 orang anak. Instrumen yang digunakan yaitu observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media memperoleh skor “39” (kriteria Sangat Baik), hasil ahli materi memperoleh skor “30” (kriteria Cukup). Ada pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan bahan ajar kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf (thitung= 1,07<ttabel= 1,761). Ada peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan pretest diperoleh rata-rata presentase 41% yang termasuk dalam persentase kategori penilaian “Mulai Berkembang (MB)” dan setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni 82% dengan kategori penilaian “Berkembang Sangat Baik (BSB)”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kartu huruf layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci: Bahan ajar, Kartu Huruf, Mengenal Huruf.
References
Ibrahim &Suryani. (2019). Upaya Guru dalam Mengajar Tata Cara Shalat dikelas B. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA).Volume IV, Nomor 6.
Permendikbud No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia dini
Mulyani, Novi. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: GANA MEDIA
Mursid.(2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metodologi Penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakrya.
Trisniwati (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode
Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 Tk Aba Ketanggungan
Wirobrajan Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ