PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • dewi yulianti UNIVERSITAS HAMZANWADI
  • Rabihatun Adawiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melihat pengaruh bahan ajar kartu huruf pada anak usia 5-6 tahun. Model pengembangan yang digunakan adalah Tipe Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi 6 tahapan. Subjek uji coba lapangan awal berjumlah 6 orang anak dan pada uji lapangan berjumlah 15 orang anak. Instrumen yang digunakan yaitu observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media memperoleh skor “39” (kriteria Sangat Baik), hasil ahli materi memperoleh skor “30” (kriteria Cukup). Ada pengaruh  yang signifikan terhadap pengembangan bahan ajar kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf (thitung= 1,07<ttabel= 1,761).  Ada peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan  pretest diperoleh rata-rata presentase 41% yang termasuk dalam persentase kategori penilaian “Mulai Berkembang (MB)” dan setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni 82% dengan kategori penilaian “Berkembang Sangat Baik (BSB)”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kartu huruf layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia 5-6 tahun.

Kata kunci: Bahan ajar, Kartu Huruf, Mengenal Huruf.

Author Biography

dewi yulianti, UNIVERSITAS HAMZANWADI

Program studi Bimbingan Konseling

References

Ibrahim &Suryani. (2019). Upaya Guru dalam Mengajar Tata Cara Shalat dikelas B. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA).Volume IV, Nomor 6.

Permendikbud No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia dini

Mulyani, Novi. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: GANA MEDIA

Mursid.(2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metodologi Penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakrya.

Trisniwati (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode

Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 Tk Aba Ketanggungan

Wirobrajan Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2022-07-03