Pengaruh Permainan Monopoli Card Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Rabihatun Adawiyah Universitas Hamzanwadi
  • Rohyana Fitriani Universitas Hamzanwadi
  • Zuhut Ramdani Universitas Hamzanwadi
  • Eva Mupira Hardian

Keywords:

monopoly card, gross motor skills for children aged 5-6 years

Abstract

This study aims to see the effect of monopoly card media on gross motor skills of children aged 5-6 years. The research method used in this study is an experimental method with a Pre-Experimental Design type with a One Group Pretest Posttest design. The data collection technique used is observation. The results of the pretest observation were 57% (BB), and 82% posttest (BSB). From the results of the calculation of the normality test data, it shows that the data from the pretest observations are69,866 > 23,685 count> tablethe data is normally distributed, and the results of the t-test for the observation data arepretest results (13), posttest results (26) yielded (13.6) t=1.07Thus, it is stated that there is an effectiveness of gross motor development of children aged 5-6 years before and after using the monopoly card game media or tools.

References

Arif Billah. (2016). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini dalam Persefektif Islam dan Implementasinya dalam Materi Sains. Journal Of Islamic Culture and education, Volume 1, Nomor 2, hal 261.

Arina R.J dkk. (2017). Melatih Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bola Sendok “Bolsem” di Kelompok Bermain (KB) Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Terpadu (IT) AL Ihsan Surabaya Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3, Nomor 1, hal 24.

Baiq S.I & Mulianah Khaironi. (2018. Pelaksanaan Joyfull Learning Berbasis Permainan Tradisional Sasak untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, Volume 2, Nomor 2, hal 61.

Dedek Irwan. (2017). Perkembangan Media Permainan (Game) Monopoli Pada Pembelajaran Fisika Materi Besaran Dan Satuan Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Program Sarjana. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Dimyati, Johni. (2013). MetodologiPendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Elva Anisa dkk. (2019). Pengaruh Permainan Mengubur Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka di Pendidikan Anak Usia Dini Maghfirah Kota Padang. Journal Of Family, Adult, and Early Chilldhood Eduction, Volume 1, Nomor 1, hal 25.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumiyati. (2017). Metode Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 3, Nomor 1, hal 85.

Surti Rahayu. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Konsep Mol Menggunakan Papan Permainan Monopoli Sebagai Pembelajaran Paikem. Jurnal Pendidikan Tindakan Kelas, Volume 17, Nomor 5, hal 82.

Yudha Febrianta. (2018). Alternatif Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini dengan Aktivitas Akuatik (Berenang). Jurnal Pendidikan Anak, Volume 2, Nomor 2, hal 88.

Downloads

Published

2022-07-03