Perbedaan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Daring Dan Luring Di Taman Kanak-Kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris

Authors

  • Putri Wahyuni
  • Prima Aulia

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini ialah agar mengetahui Perbedaan Motivasi Belajar Anak Usia Dini pada Pembelajaran online dan pembelajaran offline di Taman Kanak-Kanak (TK) Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis komparatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di TK Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris berjumlah 46 orang yang terdiri dari 13 responden daring dan 33 responden luring. Sementara itu sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data memakai angket dengan skala likert. Teknik analisis data memakai rumus persentase. Sedang perbedaan dari Variabel dilihat dengan cara uji t (t-tes) atau Independent Sample T-Test, sebelum dilakukannya dilakukan Independent Sample T-Test, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, lalu uji homogenitas. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa:  Motivasi belajar anak usia dini pada Pembelajaran online dan offline di Taman Kanak-Kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris tergolong tinggi. Hal itu bisa dilihat dari hasil yang diperoleh pada nilai rata-rata: sebanyak 51.8% responden memperoleh skor tiga pada pembelajaran online dan sebanyak 43.2% responden memperoleh skor tiga pada pembelajaran offline. Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar anak usia dini pada Pembelajaran online dan luring di Taman Kanak-Kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris.

References

Adevita, M. (2021). Peran Orang Tua pada Motivasi Belajar Anak dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 5(1), 64–77.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.

Febriandari, E. I. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru dalam Menerapkan Ice Breaking dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 485–494.

Halijah, N. (2020). Pentingnya Kolaborasi Guru dan Orang Tua Siswa dalam Pembelajaran Daring. Koran Metro Riau.

Hamzah B. Uno. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Isrokatun, Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2022). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.

Pratama, R. E. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59.

Ridha, M., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Pengaruh Flipped Mastery Classrom Kognitif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 655–661. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6211/2646

Rikizaputra, & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 106–118.

Surya, A. D., & Armida, A. (2021). Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa yang Mengikuti Pembelajaran Secara Daring dengan Siswa yang Mengikuti Pembelajaran secara Luring pada Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Jurnal Ecogen, 4(4), 526–532.

Wahyudi, A., & Yulianti. (2021). Studi Komparasi: Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring dan Luring di UPT SDN X Gresik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4292–4298. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1555

Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Published

2022-12-31