Strategi Kepala Raudhatul Athfal Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Arvin Krisna Zamzami Universitas Hasyim Asy’ari Jombang
  • Nur Azah

Keywords:

strategi kepala, mutu pendidikan, pandemi covid-19

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan sistem online atau daring pada jenjang tingkat menengah ke atas tidak mengalami hambatan yang signifikan. Namun pembelajaran secara daring atau online dirasa kurang maksimal untuk pendidikan pra-sekolah seperti TK dan PAUD. Hal ini karena pendidikan pra-sekolah membutuhkan pemberian stimulasi atau rangsangan secara langsung kepada anak atau peserta didik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi kepada sekolah dalam melaksanakan pembelajaran secara nyata dalam masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi kepala RA Al- Muttaqiin menggunakan sistem pembelajaran Home Schooling. Strategi kepala sekolah lainnya dalam meningkatkan mutu pendidikan di RA Al- Muttaqiin adalah dengan mengikut-sertakan para guru untuk mengikuti webinar dan pertemuan dengan Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA).

Kata kunci: strategi kepala, mutu pendidikan, pandemi covid-19

References

Ahmadi, Rulam. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ats-Tsauri, Muhammad Sufyan dan Munastiwi, Erni, “Strategi Kepala Madrasah Dalam Menentukan Kebijakan Pembelajaran Era Covid 19 di Madrasah Ibtidaiyah NW Pondok Gedang,” jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, Vol 2. No. 2 2020, 55. http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v2i2.8679

Ayuni, Despa. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5 Issue 1. DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.579

Fadhila, Aisya Rahma dan Istiningsih. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Raudhatul Athfal dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan saat SFH (Study From Home) di Masa Pandemi Covid 19, Jurnal Pendidikan Guru MI, Vol 3, No 2, Desember 2020, 1

Fauziddin, Moh. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education, Jurnal Obsesi. Volume 2 Issue 2 (2018). DOI: 10.31004/obsesi.v2i2.76

Hariadi, Bambang. (2005). Strategi Manajemen, Malang: Bayumedia Publishing.

Hasbrouck, JE., et all. (2005). Pedoman Cara Sukses Latihan Membaca, Longmont, CO: Sopris Barat.

Hidayah, Nurul. (2016). Kepemimpinan Visioner Kepala Raudhatul Athfal Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan, Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Lestari, Kasihani. (2021). Strategi Taman Kanak-Kanak dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Masa Pandemi di Kecamatan Nanga Pinoh. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5 Issue 2. DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.1014

Maulidia, Lisa Nur. (2020). Pemberian Penguatan Perilaku Anak Dalam Pembelajaran Di Paud. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 11. No.2. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.26135

Mulyasa, E. (2012). Manajemen PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyoto, dkk. (2013). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah (Studi Kasus Tentang Manajemen Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Bendosari Sukoharjo), Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 1, No 2, 199-213.

Nata, Abudin, (2012). Manajemen Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Ozogul, Gamze. (2009). Student Performance and Attitudes Under Formative Evaluation By Teacher, Self and Peer Evaluator, Educational Technology Research and Development, Vol. 57, Issue 3. https://doi.org/10.1007/s11423-007-9052-7

Purnomosidi, Faqih . (2021). The Stress Profile Of Early Childhood Education Teachers During Online Learning. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 12. No.2. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v12i2.36939

Reza, Andrea. (2021). Peran Guru PAUD sebagai Tenaga Pendidik Profesional di Masa Pandemi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1, Oktober 2021. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.6669

Rokhadi, (2021). Peran Dan Strategi Kepala Paud Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 7, No 1. DOI: https://doi.org/10.20961/jpi.v7i1.50073

Safitri, Kiki. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Interaksi Sosial Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i01.8116

Sudrajat, Cucu Jajat. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid 19, Jurnal, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudrajat, Cucu Jajat. (2021). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Vol 5 Issue 1. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.582

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, (2009). Manajemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi, dan Aplikasi, Yogyakarta: Teras.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Rajawali Pers.

Widiastuti, Reski Yulina. (2021). Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal asghar Vol. 1 No. 1. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/asghar/article/view/4174.

Yao, Yuankan. (2006). How do Faculty make formative use off student evaluation feedback?: a Multiple case study, journal of personnal evaluation in Education, 18: 107. https://doi.org/10.1007/s11092-006-9000-9

Downloads

Published

2022-07-03