PENERAPAN KEGIATAN PMT PADA KEMANDIRIAN ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB ANNUR KHOIRIYATUL ULUM KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI

Authors

  • Dwi Arum Septyana Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Nur Hasanah, Meira Amalia Putri Dwi Arum Septyana, Lisa Alfiyatur Rosyid Selvy Tiara, Tiosi Aprinisa Eka Rindiani Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.6029

Keywords:

Penerapan, kegiatan PMT, kemandirian, Anak usia dini

Abstract

Melatih kemandirian anak memang sulit namun terdapat kemungkinan menjadikannya mudah dan menyenangkan. Pemberian makanan tambahan selain dapat memperbaiki gizi anak usia dini, PMT juga bisa mengajarkan kemandirian pada anak. Sudah dilakukannya kegiatan PMT di KB Annur Khoiriyatul Ulum akan tetapi belum optimal hanya pada saat puncak tema yang menyebabkan anak belum mandiri dalam kegiatan makan. Hal ini terlihat ketika anak masih memerlukan bantuan guru dan orangtua saat melakukan kegiatan makan bersama. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan kemandirian pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik perolehan data secara langsung atau observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa melalui kegiatan PMT dapat menumbuhkan kemandirian pada anak usia dini. Hal tersebut dapat terlihat dari 15 anak yang mulanya belum bisa mengambil alat makan, menu makan sampai makan sendiri, setelah kegiatan tersebut anak sudah mandiri dalam melaksanakan kegiatan PMT sendiri, hanya 3 anak yang masih bergantung pada orangtuanya.Kata kunci: penerapan, kegiatan PMT, kemandirian, anak usia dini.

Author Biography

Dwi Arum Septyana, Institut Agama Islam Negeri Kudus

mahasiswa IAIN Kudus

References

Andriani, L., Sutiman, and Windi Wulandari. Pengembangan Kemandirian Anak TK Kelompok A Melalui Kegiatan Makan Bersama Di TK PKK 76 Guwosari Bantul.

Anggraini, Gian Fitria. 2019. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019. Paud Lectura 3(2): 19. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68.

Poniyah, Magdalena. Pembentukan Kemandirian Anak Melalui Pembiasaan Merapikan Alat Makan Di Paud Anugerah Kasih.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) : Alfabeta Bandung

Wati, Nila. 2020. Analisis Program Pemberian Makanan Tambahan (Pmt) Terhadap Status Gizi Anak Di Posyandu Kelurahan Sembungharjo Semarang. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini 6(2): 94.

Published

2022-07-03